Ini menandakan pertumbuhan yang sangat baik dari market pembiayaan syariah di Indonesia.
Banda Aceh (ANTARA) - PT Toyota Astra Financial Services (TAF) memperluas layanan pembiayaan syariah di Provinsi Aceh dengan cara membuka cabang di Kota Banda Aceh, dengan layanan produk pembiayaan syariah atau TAF Syariah sebagai upaya memperbesar pangsa pasar syariah.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Financial Services (TAF) Agus Prayitno, di Banda Aceh, Rabu, mengatakan pembiayaan TAF Syariah terus tumbuh di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Medan, Bogor, dan lainnya. Hingga saat ini TAF Syariah telah melayani pembiayaan syariah di 40 kantor cabang, termasuk Banda Aceh.

“Kami meresmikan pelayanan kantor cabang TAF Syariah Banda Aceh untuk meng-cover layanan pembiayaan syariah di area Aceh dan sekitarnya, semoga ini menjadi solusi baru yang menenteramkan warga Aceh akan layanan pembiayaan syariah dari TAF Syariah,” katanya pula.

Ia menjelaskan, TAF Syariah berdiri sejak 2006, yang merupakan perusahaan pembiayaan syariah untuk kendaraan roda empat, seperti Toyota, Daihatsu, Lexus, Pembiayaan Multiguna, dan Kinto Syariah.

Menurut Agus, performa TAF syariah pada 2022 lalu mencatatkan pertumbuhan positif lebih dari 200 persen, dibanding catatan pencapaian pada tahun sebelumnya.

“Ini menandakan pertumbuhan yang sangat baik dari market pembiayaan syariah di Indonesia,” katanya.

Area Head TAF Irwan Raharjo mengatakan TAF Syariah Banda Aceh juga telah bekerjasama dengan beberapa dealer resmi Toyota dan Daihatsu di Banda Aceh seperti dealer Toyota Dunia Barusa, Astra Daihatsu, Daihatsu - Aceh Muhammad Hasan, Daihatsu Capella dan Perintis Perkasa.

“Variasi produk-produk TAF Syariah yang ditawarkan TAF dalam unit usaha syariah ini seperti pembiayaan syariah mobil Toyota, Daihatsu, TAF Fleet Syariah, TAF Siapdana Syariah, TAF Used Car Syariah dan Kinto Syariah,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, saat peluncuran kantor cabang TAF Syariah Banda Aceh, TAF bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) juga menandatangani kerja sama pendanaan syariah senilai Rp1,5 triliun, yang akan digunakan untuk memperkuat bisnis pendanaan syariah.

Direktur Wholesale Transaction Banking BSI Zaidan Novari mengatakan BSI senantiasa berkomitmen memperluas inklusi keuangan syariah di berbagai sektor strategis.

“Lewat kerja sama dengan TAF Syariah ini, BSI ingin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses pembiayaan syariah sekaligus memudahkan mereka untuk mendapatkan kendaraan,” ujarnya pula.
Baca juga: TAF rilis fitur baru untuk tingkatkan pelayanan konsumen
Baca juga: Toyota Astra Financial tawarkan bunga 1,99 persen sambut Ramadhan 2023

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023