Dengan adanya penerbangan langsung Jakarta ke Mamuju dapat mengungkit sektor-sektor industri lain...
Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) mengajak maskapai penerbangan Citilink agar dapat membuka rute penerbangan langsung atau "direct flight" Jakarta-Mamuju.

"Pertemuan ini dimaksudkan untuk mendorong maskapai Citilink menyediakan rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Mamuju, dengan beberapa opsi jadwal dan mekanisme," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, melalui rilis yang diterima, di Mamuju, Kamis.

Pertemuan Penjabat Gubernur Sulbar dengan Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel bersama Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai itu, sebagai upaya Pemprov Sulbar dalam membuka aksesibilitas angkutan udara ke wilayah Sulbar.

"Terbatasnya aksesibilitas angkutan udara menjadi salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan perekonomian di Sulbar," katanya.

Penjabat Gubernur Sulbar menyampaikan, perekonomian Sulbar didominasi sektor industri makanan dan minuman dan kontribusi penerimaan pajak 99,07 persen.

Namun, Sulbar, kata Zudan Arif Fakrulloh, perlu mendongkrak sektor industri lainnya.

"Dengan adanya penerbangan langsung Jakarta ke Mamuju dapat mengungkit sektor-sektor industri lain, seperti pertambangan, tekstil dan lainnya," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Termasuk, kata Penjabat Gubernur itu lagi, mendorong ekspor produk pertanian.

"Hal itu juga menjadi peluang maskapai Citilink untuk layanan kargo, sekaligus menjadi solusi atas meningkatnya harga barang akibat terbebani biaya operasional melalui akses darat," katanya pula.

Untuk kesiapan Bandara Tampa Padang Mamuju, kata Penjabat Gubernur, umumnya telah siap beroperasi, baik dari bangunan terminal maupun runway dengan total panjang 2.225 meter.

"Untuk itu Pemprov Sulbar akan memfasilitasi seluruh kesiapan Bandara Tampa Padang agar bisa beroperasi," kata Zudan Arif Fakrulloh pula.
Baca juga: BRI dan Citilink Gelar Online Travel Fair, Tawarkan 420 Ribu Tiket Pesawat dan Potongan Hingga 80%
Baca juga: Wisata Sumbar tak terimbas berhenti penerbangan internasional Citilink

Pewarta: Amirullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023