Dari awal saya mencoba menekan terus agar bisa dapat poin dulu
Jakarta (ANTARA) - Anthony Sinisuka Ginting mengatakan kunci kemenangannya pada babak 16 besar Australian Open 2023 adalah tetap menjaga ketenangan meski sempat kehilangan poin secara beruntun pada dua gim yang dimainkan di Sydney, Kamis.

Ginting menampilkan kualitas permainan yang solid, hingga memberinya kemenangan atas Kiran George asal India dengan dua gim langsung 21-15, 21-18.

"Bersyukur, permainannya bisa keluar seperti apa yang direncanakan dari awal bisa terwujud. Memang tadi sempat hilang beberapa poin secara beruntun di gim pertama dan kedua. Untungnya saya bisa menyikapi dengan bermain lebih tenang dan tidak panik," kata Ginting melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Kiran merupakan lawan yang baru pertama kali ia hadapi, oleh karenanya Ginting sempat mencari-cari pola permainan terbaik sebelum akhirnya memutuskan untuk menyajikan tekanan sejak awal.

Baca juga: Tangis haru hingga kram otot kaki warnai sesi wawancara dengan Ginting

"Ini lawan yang baru pertama kali bertemu, sehingga masing-masing belum tahu pola mainnya. Dari awal saya mencoba menekan terus agar bisa dapat poin dulu," ungkap pemain unggulan teratas itu.

Kemenangan yang dipetik dalam waktu 44 menit itu mengantarkan Ginting pada babak perempat final dalam turnamen berkategori BWF Super 500 tersebut.

Besok Ginting akan kembali menghadapi tunggal putra asal India yaitu Prannoy HS. Dalam catatan pertemuan BWF, kedua pebulu tangkis membukukan skor imbang 2-2.

Namun Ginting memenangi pertemuan terakhir kontra Prannoy di All England 2023, Maret.

Baca juga: Presiden doakan agar Anthony Ginting juarai Indonesia Open

"Untuk lawan Prannoy besok, saya akan fokus ke recovery dulu. Dia dan saya sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing. Saya akan menyiapkan diri sendiri. Juga akan diskusi dengan pelatih dan melihat video lawan untuk mendapatkan gambaran seperti apa permainannya," tutur pebulu tangkis asal Cimahi, Jawa Barat, itu.

Sayangnya keberhasilan Ginting melalui babak 16 besar Australian Open 2023 tak diikuti rekan senegaranya, yaitu Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito.

Jonatan terhenti setelah dikalahkan pebulu tangkis Malaysia Ng Tze Yong dalam dua gim langsung 20-22, 15-21.

Sedangkan Shesar mencatatkan skor minor 21-16, 10-21, 9-21 saat menghadapi Weng Hong Yang asal China, dalam laga rubber game berdurasi 64 menit.

Baca juga: Shesar belum cukup kuat hadapi pertandingan durasi panjang
Baca juga: Jonatan butuh perbaikan untuk hadapi Kejuaraan Dunia BWF

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023