Tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan, dan kegagalan menjadi anak tangga menuju kesuksesan,
Banjarmasin (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mengingat para pelaku usaha ekonomi kreatif (Ekraf) untuk tidak menyerah jika mengalami kegagalan, karena kegagalan merupakan ujian untuk meraih keberhasilan.
 
Menteri Sandi memberikan motivasi itu saat menjadi pembicara kunci pada workshop kabupaten/kota kreatif atau disingkat KaTa Kreatif Indonesia 2023 di Aula Balai Kota  Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.
 
"Tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan, dan kegagalan menjadi anak tangga menuju kesuksesan," ujarnya saat memberikan motivasi bagi pelaku Ekraf Kota Banjarmasin.
   
Menparekraf pun menceritakan perjuangannya untuk menjadi sukses berusaha dan menjadi pengusaha, di mana sempat jatuh bangun dalam kegagalan.
 
"25 tahun lalu saya di PHK, setelah itu saya membangun usaha sektor UMKM, sempat jatuh bangun, dari tiga karyawan hingga akhirnya memiliki 35 ribu karyawan saat ini," ujarnya.
 
Ia menceritakan kisah itu agar semua tetap memiliki keyakinan kuat bahwa bisa melakukan iwalaupun tantangan yang dihadapi berat, namun jiwa pantang menyerah harus kuat untuk mewujudkan cita-cita.
 
Untuk sukses menjalankan usaha ekonomi kreatif harus melakukan penguatan ekosistem, yakni, pelatihan, pendampingan, pemasaran sampai permodalan.

Baca juga: Menparekraf nilai program IDLP dorong destinasi pariwisata berkarakter
 
Dia memastikan, pemerintah sudah melakukan langkah dan kebijakan yang maksimal untuk meningkatkan eksistensi ekonomi kreatif ini agar masyarakat sejahtera.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023