Kloter BTH 34 yang merupakan kloter terakhir dari Provinsi Jambi dan juga nasional ini terdiri atas jamaah haji kuota tambahan yang berasal dari 11 kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.
Jambi (ANTARA) - Sebanyak 165 jamaah dan petugas haji kuota tambahan dari Provinsi Jambi yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTH 34 telah tiba di Jambi, pada Kamis (3/8) 2023.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Wahyudi Abdul Wahab di Jambi mengatakan kloter BTH 34 yang merupakan kloter terakhir dari Provinsi Jambi dan juga nasional ini terdiri  atas jamaah haji kuota tambahan yang berasal dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Setelah tiba di Asrama Haji Jambi dan menjalani prosesi penyambutan dan serah terima, para jamaah langsung dipulangkan ke daerah masing-masing pada hari yang sama.

"Kecuali jamaah haji asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang menginap semalam di Asrama Haji," katanya.

Sementara itu, jamaah haji dari Tanjung jabung Barat akan kembali ke daerah aslinya Jumat (4/8) esok.

Ia menjelaskan secara keseluruhan sebanyak 3.113 jamaah haji dari Provinsi Jambi yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada penyelenggaraan haji tahun ini.

Terdapat 12 jamaah yang meninggal dunia di Tanah Suci dan tiga jamaah yang masih berada di Madinah dan Mekkah karena kondisi sakit. Sehingga total jamaah yang sudah kembali ke keluarganya berjumlah 3.098 orang.

Ia menambahkan secara umum penyelenggaraan haji tahun ini berlangsung lancar.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kemenag kabupaten/kota dan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan terkait lainnya, yang turut mendukung sehingga penyelenggaraan haji tahun ini berlangsung lancar, meski banyak terdapat jamaah haji lansia.

Kepulangan jamaah haji asal Jambi dari Tanah Suci sudah berlangsung sejak Senin (17/7) lalu. Jamaah dari kloter 17 yang terdiri dari jamaah asal Tanjung Jabung Barat tiba di Jambi.

Kemudian secara berturut-turut jamaah dari kloter selanjutnya tiba di Jambi. Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani yang saat itu langsung menyambut kepulangan jamaah haji kloter 17 mengucap syukur atas kepulangan jamaah ke Jambi.

"Alhamdulillah hari ini kita menyambut tamu Allah SWT setelah menunaikan rukun Islam, semua jamaah dalam kondisi sehat," demikian Wahyudi Abdul Wahab.

Baca juga: Gubernur Jambi sambut kepulangan 369 jemaah haji kloter 20

Baca juga: Sembilan haji Jambi yang meninggal di Tanah Suci dapat asuransi

Baca juga: Kloter 12 tiba dini hari, pemulangan jamaah haji Jambi tuntas

Baca juga: Bandara Jambi kerahkan 120 petugas khusus selama keberangkatan haji

Pewarta: Tuyani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023