merupakan jamaah haji dengan kuota tambahan
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan bersyukur semua jamaah hajinya yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) 43 mampu menunaikan ibadahnya dan tidak ada yang wafat di Arab Saudi

"Untuk jamaah haji kita di kloter 43 yang merupakan jamaah haji dengan kuota tambahan ini yang berangkat dan pulang, jumlahnya sama yakni 55 orang," ujar Asisten Ekonomi Pembangunan Abd Rahman Mahmud di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan 55 orang peserta haji yang berangkat dan pulang di hari terakhir pelaksanaan ibadah haji itu dijemput langsung di Asrama Haji Sudiang Makassar untuk dibawa pulang ke rumahnya masing-masing.

Rahman saat menyambut para tamu Allah SWT itu menitip salam dari Bupati Pinrang yang tidak sempat menerima rombongan jamaah haji ini dan berharap predikat haji dapat dijaga dalam sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga mengajak para jamaah haji itu untuk ikut serta dalam kepesertaan Ikatan Persaudaraan Haji Kabupaten Pinrang untuk saling bersilaturahim satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Jamaah haji terakhir kuota tambahan kloter BTH 34 tiba di Jambi
Baca juga: Bandara Hasanuddin terima jamaah haji kloter terakhir


Sementara terkait jamaah haji yang tergabung dalam kloter 43 dengan jamaah haji dari kabupaten/kota lain, Rahman meminta hal ini dijadikan salah satu pelajaran tentang persaudaraan meskipun berbeda kampung halaman.

"Saya mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang berperan aktif dalam pemberangkatan hingga pada proses pemulangan para jamaah haji tahun 2023 ini," katanya.

Adapun kuota haji Kabupaten Pinrang sebanyak 355 orang, namun dengan adanya kuota tambahan dan prioritas untuk jamaah haji berusia lanjut (lansia), sehingga total sebanyak 424 orang.

Sebelumnya, Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Arsad Hidayat hadir langsung di Makassar dalam rangka menerima dan menyerahkan kloter penutup yakni kloter 43 yang dipulangkan melalui Debarkasi UPG Makassar.

Dalam prosesi penerimaan dan penyerahan jamaah yang berlangsung di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Arsad Hidayat menyampaikan permohonan maaf Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang tidak sempat hadir untuk menerima sekaligus menyerahkan kloter 43 ini kepada pemerintah daerah asal jamaah.

Baca juga: Kloter terakhir jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air
Baca juga: 297 haji kloter terakhir Debarkasi Solo tiba di Bandara Adi Soemarmo
Baca juga: PPIH Debarkasi UPG terima jamaah haji Kloter 42 dari empat provinsi

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023