Sukses Jakarta untuk Indonesia
Jakarta (ANTARA) -
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan bahwa gelaran forum bisnis Jakarta Investment Forum (JIF) 2023 memperkuat posisi Jakarta sebagai kota bisnis berskala global yang ramah investasi.

“JIF 2023 mengangkat tema Global City and Beyond untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai komitmen dan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global dengan memperkuat peran Jakarta sebagai pusat bisnis dan ekonomi pascapemindahan Ibukota ke depannya,” ungkap Benni di Jakarta, Kamis.

Benni menjelaskan, JIF 2023 terdiri dari dua bagian kegiatan, yakni JIF Exhibition yang dilaksanakan pada 11-13 Juli dan 25-27 Juli 2023 di Hotel Borobudur Jakarta. Sedangkan JIF Plenary merupakan puncak kegiatan forum investasi yang menghadirkan diskusi antara Pemerintah DKI, pemerintah pusat dan entitas bisnis yang meliputi mitra pemerintah hingga sektor privat.

Pada JIF Exhibition itu Benni menyebut pihaknya telah mengoordinasikan kegiatan pameran 10 proyek potensial dari tiga BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, yaitu PT MRT Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan PT Transportasi Jakarta.

“JIF 2023 hadir dan mengajak Anda semua untuk berkolaborasi dengan Jakarta. Sukses Jakarta untuk Indonesia,” pungkas Benni.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan kinerja investasi memegang peranan penting dalam struktur perekonomian di Jakarta.

"Dalam struktur perekonomian Jakarta, investasi itu memang memegang peranan yang signifikan, jadi sekitar 33,6 persen pertumbuhan ekonomi Jakarta itu dari investasi” ujar Arlyana, seraya menambahkan bahwa konsumsi paling besar berasal dari rumah tangga sekitar 60 persen dan belanja pemerintah sekitar 11-12 persen. 

Baca juga: DPMPTSP Depok tingkatkan izin usaha untuk kemajuan ekonomi

Baca juga: Pemprov tawarkan 21 proyek prioritas di Jakarta Investment Forum 2023

Baca juga: Jakarta catatkan realisasi investasi 16,1 persen dari PMDN pada 2022

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023