Jakarta (ANTARA) - Pada Kamis (3/8) Menko PMK ajak masyarakat jaga pembangunan lumbung pangan di Kabupaten Puncak demi mengantisipasi kelaparan akibat kekeringan dan gagal panen.

Adapula warta tentang para penerima manfaat dari Program Pahlawan Ekonomi Nasional (PENA) didorong untuk menghasilkan produk bermutu tinggi, hingga warta tentang potensi kekeringan di sejumlah wilayah yang dapat diikuti dalam rangkuman berita berikut.


1. Kepala Otorita sebut IKN Nusantara bakal jadi etalase seni-budaya RI

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan IKN akan dibentuk menjadi sebuah etalase ragam seni dan budaya Bangsa Indonesia.

"Seni dan budaya merupakan salah satu hal penting, bagaimana IKN dapat memberikan etalase seni dan budaya kita, supaya dapat menjadi identitas bangsa kedepannya," kata Bambang Susantono saat ditemui di Jakarta, Kamis.


2. BMKG imbau warga Jateng selatan waspadai dampak kekeringan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Jawa Tengah khususnya Jateng bagian selatan dan pegunungan tengah Jateng untuk mewaspadai dampak kekeringan pada puncak musim kemarau 2023 yang dibarengi dengan fenomena El Nino.

"Bulan Agustus ini diprakirakan sebagai puncak musim kemarau khususnya di wilayah Jateng selatan dan pegunungan tengah Jateng," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Kamis.


3. Kemendikbud: Lubuk Larangan upaya lestarikan Sungai Batanghari

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi peresmian Lubuk Larangan di Desa Muaro Pijoan, Muaro Jambi yang merupakan upaya dalam melestarikan Sungai Batanghari, Jambi.

“Ini ada Lubuk Larangan yaitu tempat alami ikan-ikan bisa berkembang dan terlindungi sehingga masyarakat tidak boleh mengganggu,” kata Pamong Budaya Utama Kemendikbudristek Siswanto di Jambi, Kamis


4. Kemensos arahkan hasil produk PENA bermutu jangkau menengah ke atas

Kementerian Sosial (Kemensos) mengarahkan para penerima manfaat dari program Pahlawan Ekonomi Nasional (PENA) untuk menghasilkan produk bermutu tinggi guna menjangkau masyarakat menengah ke atas.

Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa bisnis yang dikerjakan oleh para penerima manfaat sebisa mungkin memperoleh keuntungan tinggi, agar tidak menjadi warga rentan secara ekonomi.


5. Menko PMK ajak masyarakat jaga pembangunan lumbung pangan di Puncak

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak masyarakat di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, untuk menjaga pembangunan lumbung pangan di wilayah tersebut.

Dalam keterangannya diterima di Jakarta, Kamis, Menko PMK juga menyampaikan ihwal rencana pembangunan lumbung pangan sebagai solusi jangka panjang pemerintah pusat untuk mengantisipasi potensi bencana serupa di kemudian hari.
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023