Mall tersebut untuk pemberdayaan UMKM, khususnya para pedagang kaki lima untuk mendapatkan lokasi jualan yang memadai dan bisa menjamin masa depan mereka."
Bandung (ANTARA News) - Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti (Kopanti) Jawa Barat membangun mall Bandung Timur Plaza (BTP) di kawasan Kota Bandung bagian timur.

"Mall tersebut untuk pemberdayaan UMKM, khususnya para pedagang kaki lima untuk mendapatkan lokasi jualan yang memadai dan bisa menjamin masa depan mereka," kata Ketua Kopanti Jabar Andra A Ludin di pada sebuah Diskusi Kewirausahaan di BTP, Jalan AH Nasution Kota Bandung, Selasa.

Andra menyebutkan, mall tersebut berlantai tiga yang bisa menampung 518 unit. Permintaan tenant atau gerai cukup tinggi, namun karena lahannya terbatas maka hanya bisa menampung 518 PKL saja.

Menurut Andra, pihaknya mengucurkan anggaran senilai Rp120 miliar untuk membangun mall khusus bagi para PKL tersebut. Biaya sebesar itu dilakukan dengan mengakses pembiayaan dari Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB).

"Pembiayaannya sepenuhnya dari kredit LPDB karena ini untuk kepentingan pelaku UMKM, dalam hal ini kelompok pemberdayaan PKL," katanya.

Ia menyebutkan, Mall BTP tersebut sebagai upaya untuk memfasilitasi PKL untuk mendapatkan tempat jualan yang memadai.

Sementara itu Direktur Utama LPDB KUMKM Kemas Danial menyatakan, LPDB menyalurkan kredit sebesar itu kepada Kompanti karena merupakan bagian dari pengembangan KUMKM di Indonesia.

"Tenor pinjaman selama delapan tahun dengan bunga tiga persen, nantinya gerai yang ada di sana akan menjadi hak milik PKL," kata Kiemas Danial.

Kiemas menambahkan, LPDB menyatakan siap menambah alokasi pinjaman di Jabar bila permintaan untuk mengakses pembiayaan itu cukup besar.

"Tahun 2013 LPDB menyiapkan kredit sebesar Rp1,9 triliun, meningkat dibanding tahun 2012," kata Direktur Utama LPDB KUMKM itu menambahkan. (S033/M009)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013