Untuk bisa kembali ke masa-masa mereka zaman dulu, sehingga menciptakan romantisme.
Solo (ANTARA) -
Pergelaran Romantika Rasa Solo Tempo Doeloe yang diselenggarakan di Pendhapi Gede Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah membawa pengunjung ke masa lalu dengan memamerkan berbagai barang lawas.
 
Salah satu panitia Reo Arya di sela acara di Solo, Jumat, mengatakan acara yang diselenggarakan selama tiga hari dari Jumat-Minggu (6/8) tersebut dikemas dalam wisata edukasi.
 
"Kami mengemas dalam segmen nostalgia tempo dulu. Mudah-mudahan bisa menciptakan lorong waktu bagi pengunjung yang ke mari. Untuk bisa kembali ke masa-masa mereka zaman dulu, sehingga menciptakan romantisme," katanya pula.
 
Ia mengatakan acara tersebut terdiri dari sekitar 150 stan. Beberapa barang yang dipamerkan mulai dari barang vintage hingga perlengkapan rumah tangga.
 
"Ada juga foto tentang retrospektif Solo. Kita bisa melihat transformasi Solo waktu era di bawah tahun 1960-an sampai sekarang maju seperti ini," katanya.
 
Selain barang lawas, dikatakannya, ada pula festival dolanan bocah hingga festival kuliner tempo dulu. Disinggung mengenai nilai transaksi, ia mengatakan tidak ada target khusus pada pameran tersebut.
 
"Tidak ada nilai transaksi. Lebih ke interaksi, menciptakan lorong waktu bagi pengunjung," katanya lagi.
 
Hingga saat ini acara tersebut sudah dilakukan sebanyak tiga kali. Meski demikian, ini kali pertama acara tersebut diselenggarakan di Balai Kota Surakarta.
 
"Momennya pas, Nol Km dan itu di Balai Kota Surakarta. Kalau dikehendaki mungkin kami akan berbenah lebih berat secara konten," katanya pula.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023