Solo (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut perhelatan Solo Menari memperteguh Surakarta, Jawa Tengah sebagai Kota Kreatif UNESCO.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dwi Marhen Yono pada acara Solo Menari di Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Senin memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh mitra kerja Pemkot Surakarta karena masih mau memberikan energinya untuk Solo Menari.

"Ini meneguhkan Kota Solo sebagai Kota Kreatif UNESCO dan itu satu-satunya di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan dari hasil riset terakhir diketahui bahwa ada sebanyak 10,6 juta wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun 2023.

Sedangkan tahun ini jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia ditargetkan naik menjadi 14,3 juta.

Ia mengatakan pada riset tersebut juga diketahui bahwa alasan utama wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia bukan lagi karena melihat keindahan lautnya, tetapi ada beberapa alasan lain.

"Mereka ingin menikmati kuliner khas Indonesia, yang kedua juga untuk menikmati seni budaya khas nusantara, ketiga karena menghadiri event. Dan Solo sekarang jadi kota event terbaik di Indonesia," katanya.

Sementara itu, target mendatangkan 14,3 juta wisatawan asing dengan devisa negara Rp60 triliun bukan perkara mudah.

"Selain itu, kami juga harus menggerakkan 1,25-1,5 miliar wisatawan domestik. Jadi dengan satu miliar orang bergerak memberikan uang atau spending of money Rp2 juta untuk beli oleh-oleh, transportasi, paket wisata, beli makan, menginap, dan lain-lain maka akan ada Rp2.000 triliun uang berputar di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Dengan demikian, menurut dia hal itu akan menjadi semangat untuk menangkal resesi global akibat perang Ukraina dan Rusia yang belum selesai dan serangan Israel terhadap Palestina.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko mengatakan Solo Menari kali ini mengusung tema Animal Movement.

"Event ini sudah cukup tua, mulai tahun 2009 dan sampai sekarang masih berjalan dengan baik," katanya.

Ia berharap dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mampu menggelorakan semangat tari di Solo mengingat Solo Menari sudah masuk ke dalam Karisma Event Nusantara.

Baca juga: Pemkot Surakarta ingin Solo jadi pusat tari dunia
Baca juga: Solo Menari, citra Kota Budaya dan upaya menggerakkan ekonomi kreatif
Baca juga: Sandiaga: Solo Menari berdampak positif bagi pelaku ekonomi kreatif

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024