Ini penghargaan organisasi kepolisian atas prestasi salah satu anggota yang mengikuti pendidikan di Turki dan menduduki peringkat lima dari 87 peserta yang berasal dari 16 negara
Surabaya (ANTARA) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Toni Harmanto memberikan penghargaan pin emas dan piagam kepada Polwan berprestasi Briptu Tiara Nissa Zulbidah yang menjadi salah satu lulusan terbaik saat menjalani pendidikan di Turki.

"Penghargaan pin emas kepada Briptu Tiara Nissa ini nantinya juga bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan maupun jabatan," kata Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto di Surabaya, Jumat.

Saat menjalani pendidikan di Turki, Briptu Tiara Nissa masuk peringkat 5 besar dari 87 peserta didik internasional yang berasal dari 16 negara lainnya.

"Ini penghargaan organisasi kepolisian atas prestasi salah satu anggota yang mengikuti pendidikan di Turki dan menduduki peringkat lima dari 87 peserta yang berasal dari 16 negara yang ikut dalam pendidikan Pelatihan Capacity Building The First Level Police Chief Training di Akademi Kepolisian Turki (Turkish National Police Academy)," katanya.

Toni mengungkapkan sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga memberikan penghargaan kepada Briptu Tiara Nissa untuk mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP).

Baca juga: Kapolri apresiasi prestasi Briptu Tiara jadi lulusan terbaik di Turki
Baca juga: Briptu Sheren Septiana, Polwan berprestasi internasional


"Ini menjadi jawaban dan memotivasi kepada jajaran kepolisian apalagi menyambut Hari Polwan ke-75 momentum yang sangat baik yang bisa ditiru oleh Polwan yang lain," ujar Toni.

Briptu Tiara Nissa bersyukur dan berterima kasih kepada Kapolda Jatim atas penghargaan yang dia terima. Dia berharap apa yang telah ditorehkan bisa menjadi motivasi dan menginspirasi Polwan seluruhnya di Indonesia.

"Selain itu juga kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Pranowo, As SDM Polri, Kadiv Hubinter Polri, dan Dubes RI di Turki yang telah membimbing kami sehingga memberikan kelancaran pendidikan di Turki," kata dia.

Briptu Tiara Nissa menceritakan pengalamannya menjalani pendidikan di Turki selama 2 tahun. Selain dibekali ilmu kepolisian, selama di Turki juga diajari manajemen keamanan strata 2 atau S2.

"Pengalaman yang saya dapat di sana bisa belajar Turki secara langsung dan bertukar budaya dengan beberapa peserta didik Internasional lainnya. Dan juga bisa mengaplikasikan apa yang kami pelajari di sana pada waktu ujian praktik," tuturnya.

Setelah mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jawa Timur, ke depan Briptu Nissa masih menunggu perintah lebih lanjut dan akan melaksanakan tugas lainnya.

"Untuk para perempuan yang lain pesan kami adalah tetap setara dengan polisi laki-laki dan harus tetap semangat untuk meningkatkan kapasitas building dalam karir maupun kehidupan di masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Kapolri anugerahkan pin emas dan perak untuk 24 polwan berprestasi
Baca juga: Kapolri promosikan 18 Polwan untuk tempati jabatan strategis

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023