Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyebut pihaknya senantiasa ingin bersilaturahmi dengan semua partai, termasuk akan berkunjung dan berdiskusi dengan PDI Perjuangan, apabila dibolehkan.

"Dari dulu kami sangat ingin bersilaturahmi dengan semua partai. Apa pun, bila diizinkan, kami akan datang ke kantor DPP PDIP. Bila dibolehkan, kami akan berdiskusi dan belajar dan menimba pengalaman. Salam hormat saya buat Bu Mega," kata Giring dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakan Giring merespons pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang menyampaikan pandangannya terkait kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke Kantor DPP PSI.

Giring tidak menampik bahwa Puan Maharani merupakan tokoh politik yang kerap melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak. Ia pun menyebut PSI sangat menghormati Puan.

Mbak Puan saya rasa selama ini memang yang banyak melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak. PSI sangat menghormati Mbak Puan Maharani.

Baca juga: Puan nilai positif kunjungan Prabowo ke PSI

Baca juga: PSI soal dukungan capres: Kompas kami adalah Jokowi


Giring menambahkan bahwa PSI akan menyambangi PDI Perjuangan. Namun begitu, ia tidak membeberkan kapan agenda itu akan dilaksanakan. "Insya Allah kami yang akan datang ke PDIP," ujarnya.

Terpisah, Puan Maharani menilai positif kunjungan bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menyambangi DPP PSI.

"Menurut kami silaturahmi yang dilakukan oleh Pak Prabowo kepada PSI itu suatu hal yang sangat positif," kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Puan menegaskan bahwa PDI Perjuangan selalu membuka diri untuk berkomunikasi dengan partai politik lain dalam penjajakan kerja sama Pilpres 2024.

"PDI intinya adalah selalu membuka pintu, siap melakukan komunikasi, silaturahmi," ucapnya.

Sebelumnya, PSI menerima kunjungan bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (2/8).

Baca juga: Prabowo ajak PSI gabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Baca juga: Grace Natalie: Ada kesamaan antara PSI dan Prabowo


Usai pertemuan tertutup, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyebut ada kesamaan antara partai-nya dan Prabowo.

Prabowo pun menyebut bahwa ia mengajak PSI untuk bergabung bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk Pemilu Serentak 2024.

Adapun PSI pernah menyatakan siap mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024, bahkan sebagai garda terdepan.

"PSI siap dukung di garda terdepan dalam pencapresan Ganjar Pranowo," kata Grace Natalie dalam keterangan diterima, di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023