Sangat baik  hasil penampilannya
Jakarta (ANTARA) - Sekitar 30 pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta Selatan siap tampil dalam acara Seni Musik Nusantara pada Minggu (6/8) di kawasan Monas, Jakarta.

Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan DKI Jakarta, Puspla Dirdjaja mengaku puas atas  hasil latihan yang berlangsung  24 Juli - 4 Agustus 2023 atau selama 10 hari di Gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

"Sangat baik  hasil penampilannya tadi, dalam waktu singkat sudah menghasilkan performa yang sangat bagus sekali. Kami dari Dinas Kebudayaan selalu memonitor karena  mereka ini adalah bibit-bibit di bidang musik," ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Puspla menjelaskan acara tersebut diadakan untuk melestarikan seni musik nusantara yang semakin hari semakin dilupakan zaman.

"Selain seni musik tradisional nusantara, kita juga terus melestarikan kebudayaan lain," katanya.

Puspla menambahkan dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan cara memainkan alat musik nusantara seperti angklung Jawa Barat, talempong Sumatera Barat, dan gambang kromong dari Betawi.

"Setelah mengikuti pelatihan ini,  peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di lingkungan rumah maupun sekolah. Sehingga seni musik tradisional tetap berkembang dan diminati masyarakat, terutama anak muda, katanya.

Sebagai informasi para pelajar yang telah mengikuti pelatihan tersebut nantinya akan mengisi sebuah acara Kebudayaan pada Minggu (6/8) di kawasan silang Monas dengan menampilkan kolaborasi permainan alat musik ragam budaya.
Baca juga: Kedubes empat negara resmikan pameran seni Ukraina di Jakarta
Baca juga: Sayembara Sastra 2023 upaya DKJ jembatani seni hiburan dan kreatif
Baca juga: DKI kembali selenggarakan pameran seni temporer di Museum Bahari

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023