Makassar (ANTARA) - Kegiatan Makassar Cullinary Night (MCN) 2023 menargetkan Rp1,5 miliar transaksi dari 78 UMKM yang bergerak di bidang kuliner.

"Kami optimistis target ini dapat tercapai, dengan melihat tingginya animo pengunjung, termasuk lama kegiatan yang mencapai tiga hari yakni 4-6 Agustus 2023," kata Founder MCN Andi Mistri Muin disela pembukaan MCN 2023 di kawasan Benteng Rotterdam, Jumat malam.

Dia mengatakan, 78 tenant yang didominasi UMKM di bidang kuliner ini, sudah melalui proses kurasi yang ketat dari 300an lebih pendaftar.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem mengapresiasi kegiatan yang digelar pihak panitia MCN 2023 yang menggandeng UMKM yang merupakan pelaku industri kreatif.

"Geliat ekonomi terjadi pada MCN 2023 sekaligus membangkitkan kembali pelaku UMKM pasca pandemi COVID-19," katanya.

Menurut dia, MCN sudah menjadi salah satu kalender kegiatan Dinas Pariwisata Makassar. Setiap kegiatan selalu menyedot ribuan pengunjung baik di Makassar maupun dari luar Kota Makassar.

Hal itu diakui salah seorang pengunjung Mustari yang sengaja datang dari Kabupaten Maros.

Menurut putra Maros ini, momen MCN yang kegiatannya selalu menjelang akhir pekan, sangat cocok dinikmati bersama keluarga dan teman.

"Apalagi digelar di Benteng Rotterdam, jadi sekalian wisata kuliner dan wisata sejarah di tempat ini," ujarnya.

Mengenai kuliner yang dijajakan, diakui sangat variatif. Artinya aneka jajanan tersedia baik untuk selera lidah kalangan milenial maupun lidah orang dewasa.

"Jadi di sini ada masakan tradisional seperti nasupalekko, nasu likku, nasu parape, hingga makanan dan minuman kekinian," ungkapnya.

Baca juga:  Makassar Culinary Night 2023 bernuansa Merah Putih
Baca juga: Kemenparekraf tetapkan kuliner subsektor ekonomi kreatif di Makassar


 
Suasana Kadis Pariwisata Makassar Muhammad Roem pada jumpa pets Makssar Cullinary Night di Makassar,
malam. Antara/HO-MCN

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023