Kota Bogor (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat membeberkan peran penting pers dalam mengawal tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dalam membantu proses sosialisasi kepada masyarakat.

Ketua KPU Kota Bogor Samsudin kepada Antara, Jumat, mengatakan peran pers dalam mendistribusikan informasi tahapan pemilu menjadi sangat strategis dan penting karena semua masyarakat perlu tahu perkembangan calon legislatif dan calon presiden yang akan memimpin bangsa ke depan secara positif.

"Kami tidak mungkin setiap saat dari pintu ke pintu memberikan informasi pemilu, meskipun juga masif kami lakukan. Tetapi dengan peran pers, sangat membantu," kata dia.

Samsudin menuturkan, selain tahapan pendaftaran para calon legislatif dan eksekutif di KPU, sosialisasi tahapan dan bagaimana para calon wakil rakyat dikenal masyarakat penting dilakukan oleh media massa.

Pengalaman pemilu sebelumnya, kata Samsudin, menjadi tantangan pemilu 2024 untuk lebih baik ke depan bersama-sama berkomitmen membangun informasi yang positif dalam mengkampanyekan para calon dan proses tahapan pemilu.

Peran pers pada pemilu 2019 juga mendorong capaian pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 85 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor pada tahun 2022 memproyeksikan jumlah pemilih pada Pemilu 2024 naik sekitar 84 ribu orang dari semula 716 ribu orang daftar pemilih tetap (DPT) menjadi 800 ribu orang.

Diprediksi data pemilih pemula dari usia 17-21 tahun sebanyak 22 sampai 30 persen dan akan didominasi oleh pemilih produktif 25-45 tahun di atas 50 persen, sementara sisanya pemilih lanjut usia.

Pemilu untuk pemungutan suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD dan DPD dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2023.

Menurut dia, keberadaan pers menjadi salah satu yang kuat dalam pengawasan proses tahapan pemilu.


Kepala LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta Budi Setiawanto mengatakan melalui kerja sama antara KPU Kota Bogor dengan Antara Biro Penyangga Jakarta diharapkan dapat menjadi salah satu langkah memperkuat kondusifitas melalui penyiaran berita mengenai kebijakan dan perkembangan tahapan pemilu.

KPU RI juga telah bekerja sama LKBN Antara, RRI dan TVRI dalam penyiaran tahapan pemilu 2024. Lembaga penyiaran berita di bawah Kementerian BUMN ini akan berperan mendistribusikan berita-berita seputar pendaftaran, logistik dan pendistribusian bilik dan surat suara hingga pelaksanaan pemilu 2024.

Tim LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta telah mengunjungi kantor KPU Kota Bogor dalam rangka kerja sama publikasi dan sosialisasi tahapan pemilu 2024 pada Kamis (3/8). Kunjungan dihadiri Kepala LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta Budi Setiawanto dan jajaran berserta Ketua KPU Kota Bogor Samsudin dan jajaran.

"Kita ingin menciptakan suasana yang benar-benar berjalan kondusif sehingga berbagai kebijakan atau perkembangan yang terjadi dapat disosialisasikan melalui berbagai media massa. Terima dari LKBN Antara punya kewajiban juga nation call agar penyelenggaraan pemilu berjalan baik dan lancar," ungkap Budi.


 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023