“Kanibalisme internal di sini adalah jangan ada persaingan di tingkat caleg Golkar, apalagi sampai saling mencuri suara,”
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golongan Karya Jawa Timur M Sarmuji mengingatkan kadernya agar jangan ada kanibalisme internal antarcalon legislatif menuju Pemilihan Umum 2024.
 
“Kanibalisme internal di sini adalah jangan ada persaingan di tingkat caleg Golkar, apalagi sampai saling mencuri suara,” ujarnya di sela pelepasan caleg Partai Golkar Jatim di Sidoarjo, Sabtu.
 
Ia mengakui pada Pemilu menggunakan sistem proporsional terbuka memang berpotensi menyebabkan persaingan, terutama caleg dari partai yang sama, bahkan saling “makan” suara teman sendiri.
 
Namun, kata Sarmuji, semua bisa dihindari dengan dilakukan kesepahaman serta komunikasi antarcaleg.
 
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut meminta para caleg wajib bekerja sama, berkolaborasi dan tidak saling merusak demi bersama-sama menuju satu titik, yaitu kemenangan Golkar pada Pemilu 2024.
 
Sarmuji mengimbau para caleg memiliki strategi dan jaringan sendiri yang otomatis dapat memperluas basis Golkar.
 
“Konstituen dirawat maka tak ada yang saling bersinggungan. Tidak perlu melirik calon lain. Perlebar basis dan punya jaringan sendiri maka tak hanya menang sebagai caleg, tapi jadi kunci kemenangan partai. Teorinya, kalau mau menang maka harus punya strategi, tim serta logistik sendiri,” katanya.
 
Sementara itu, pada kesempatan tersebut dilakukan pelepasan caleg dari DPR RI dapil 1 (Surabaya-Sidoarjo), DPRD Provinsi Dapil I (Surabaya) dan II (Sidoarjo), serta DPRD Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.
 
Peluncuran caleg, kata dia, untuk menekankan pentingnya peran caleg membantu partai. “Yang terpenting adalah cintanya rakyat kepada caleg maka sangat membantu partai memenangkan kontestasi Pemilu,” ucapnya.
 
Pada kesempatan sama, Sarmuji memperkenalkan satu per satu nama caleg, yaitu untuk DPR RI ada nama Adies Kadir, Adela Kanasya Adies, Ali Saiboo, Andi Budi Sulistijanto, Dyah Roro Eko Setyowaty, Farah Tamalia, Ilyas Indira, R. Besse Kartoningrat, Isbat Atiqillah Pranata, dan Denny Yusni Arman.
 
Lalu untuk DPRD Jatim dapil Surabaya adalah Arta Mevia Putri Ardana, Blegur Prijanggono, Devi Ika Wahyuningtyas, Meulila Osman, Nora Hanyonowati, Monica Riski Azhari Amin, Tjandra Dwiyani, dan Tri Widodo.
 
Sedangkan, untuk dapil Sidoarjo yakni Adam Rusydi, Lusiati Fauzie, Meilana Prabu Pratama Yudha, Siti Astutik, Redatini, serta Trianita Wulansari.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023