Muhaimin Iskandar dinilai sosok yang paling ideal karena memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk maju dalam pilpres
Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Seratusan Warga Nahdliyin di Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu mendeklarasikan dukungan untuk tokoh muda NU, Muhaimin Iskandar, maju dalam bursa Pemilihan Presiden 2024.

Kendati politisi senior yang kini dipopulerkan dengan sapaan Gus Imin itu tak datang langsung ke Kota Reyog, namun yel-yel terdengar terus disuarakan para relawan yang hadir dalam acara deklarasi dukungan tersebut.

Menurut penggagas kegiatan, Muhaimin Iskandar dinilai sosok yang paling ideal karena memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk maju dalam pilpres.

"Apalagi Gus Imin memiliki latar belakang dari NU, ditambah beliau ini juga sudah matang dalam berpolitik," kata salah satu deklarator, Samsul Ma'arif.

Dalam orasi politik di hadapan para relawan, dukungan untuk Gus Imin sudah melalui proses yang panjang serta pertimbangan yang sangat matang.

Menurutnya calon pemimpin ini harus lahir dan dibesarkan dalam kultur dan pendidikan NU, sehingga dapat memahami karakter serta kepentingan warga NU dan jamiyahnya.

"Kriteria kita pertama pemimpin wajib Islam, kedua kesamaan NU-nya, dan ketiga kesamaan Indonesia-nya dalam arti konsep bernegaranya sama dan itu ada di Gus Imin," lanjut Samsul.

Dalam deklarasi tersebut tak kurang 200 orang warga Nahdliyin menyatakan siap untuk mendukung dan memenangkan Gus Imin.

Ditambah sejumlah tokoh NU dan kiai yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengaminkan Gus Imin untuk maju dalam pilpres.

Samsul berharap dengan solidnya dukungan warga Nahdliyin ini menjadi awal yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia dan NU.

Dan apabila nanti Gus Imin menjadi cawapres, dirinya tetap akan mendukung.

"Kami lahirkan pemimpin yang baik berasal dari komunitas yang baik, baik jadi capres maupun cawapres kita tetap mendukung Gus Imin," ujarnya.

Baca juga: Alumni UIT mendeklarasikan Cak Imin-Sudirman Sulaiman Capres
Baca juga: Paguyuban becak wisata Demak deklarasi dukung Cak Imin jadi capres
Baca juga: Cak Imin Fans Surabaya dukung Muhaimin Iskandar maju Pilpres 2024

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023