Izin pertandingan memang belum turun, boleh tidaknya laga ini digelar masih menunggu pilkades dulu
Malang (ANTARA News) - Izin laga Arema menjamu Persepam Madura masih menunggu situasi dan kondisi keamanan menjelang dan sesudah digelarnya pemilihan kepala desa atau pilkades secara serentak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada 6 April mendatang.

Kepastian belum dikantonginya izin pertandingan dari kepolisian oleh Panpel Arema itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pertandingan Arema menjamu Persepam yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Rabu.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Korwil Aremania, Manajemen Arema, Polres Malang, Panpel, Kodim Kabupaten Malang, Yon Zipur V Kepanjen, Satuan Brimob serta Pam swakarsa.

"Izin pertandingan memang belum turun, boleh tidaknya laga ini digelar masih menunggu pilkades dulu," kata Kabag Ops Polres Malang Kompol Imam Rofiq disela-sela rapat koordinasi.

Ia mengatakan, jika pilkades aman, sudah pasti laga bisa digelar. Oleh karena itu, pihaknya berharap seluruh Aremania ikut berperan aktif menjaga kondusivitas sebelum dan sesudah pelaksanaan pilkades serentak tersebut.

Sementara Ketua Panpel Arema Abdul Haris mengatakan, pihaknya sangat berharap izin pertandingan antara Arema melawan Persepam bisa dikeluarkan Polda Jatim, sebab diirnya yakin Aremania bisa menjadi tuan rumah yang baik.

Sedangkan Media Ofiser Arema Sudarmaji berharap petugas keamanan bisa mendukung digelarnya laga kandang Arema melawan Persepam yang akan dilangsungkan Rabu (10/4) mendatang.

Namun demikian, Darmaji juga memaklumi izin itu baru keluar setelah gelaran pilkades. "Kami rasa izin laga ini sangat dibutuhkan, sebab laga ini penting bagi Arema, masyarakat serta manajemen dan kami yakin teman-teman Aremania akan menjaga wilayahnya masing-masing agar tetap kondusif selama pilkades berlangsung," ujarnya.

Jika izin pertandingan baru keluar setelah pilkades, katanya, maka panpel hanya punya waktu empat hari untuk mempersiapkan semuanya, sehingga semua pihak harus bekerja keras untuk menjaga stabilitas keamanan di daerahnya masing-masing agar pertandingan bisa digelar.

Pada 6 April, Pemkab Malang akan menggelar pilkades serentak di 225 desa yang tersebar di 33 kecamatan dengan pengamanan cukup ketat. Personel kepolisian yang diterjunkan lebih dari 1500 personel orang.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013