gerakan Pramuka pramuka haruslah ditunjang sumber daya manusia yang profesional
Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur, Sulawesi Selatan H Budiman selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka setempat melepas Kontingen Raimuna Nasional (Rainas) XII 2023, di Lapangan Soekarno Hatta, Malili, Lutim, Minggu.

Adapun jumlah kontingen Rainas Kwartir Cabang Luwu Timur tahun 2023 sebanyak 57 orang dengan rincian, peserta putra 26 orang, peserta putri 17 orang, bina damping dua orang, dokter kontingen dua orang, dan tim peninjau 10 orang.

Bupati Budiman mengatakan, sesuai tema Hari Pramuka tahun 2023 adalah “Sumber Daya Manusia Profesional dan Proporsional” dimana melalui tema ini, pramuka diharapkan untuk terus berusaha memperkuat SDM yang ada agar semakin profesional dan proporsional dalam mewujudkan tujuan gerakan pramuka.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, maka berbagai kegiatan pendidikan gerakan Pramuka pramuka haruslah ditunjang sumber daya manusia yang profesional dan proporsional,” kata Bupati.

Sehubungan dengan hal tersebut, lanjutnya, maka sumber daya manusia yang ada perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai agar kegiatan pendidikan kepramukaan dapat berjalan dengan lancar dan tidak terkendala oleh keterbatasan sarana dan prasarana penunjang.

Baca juga: Kajari Selayar lepas kontingen peserta Raimuna Nasional 2023
Baca juga: Bupati Bekasi lepas 69 Pramuka peserta Jambore Dunia-Regional


Itulah sebabnya, lanjut dia, Kwartib Cabang Luwu Timur senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan kepramukaan.

"Tentunya berbagai upaya peningkatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kwartir sendiri telah membiayai dengan memanfaatkan aset dan usaha yang dimiliki serta bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang berhubungan langsung dengan peserta didik yang terlibat langsung dengan kepramukaan,” ujarnya.

Budiman berharap Kontingen Raimuna Nasional agar menjaga nama baik Kabupaten Luwu Timur, karena mereka yang berangkat bukan hanya mewakili diri sendiri dan Pramuka, tapi mewakili seluruh masyarakat kabupaten itu.

Usai pelaksanaan apel, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lutim, Hj Sufriaty Budiman menerima Bantuan Dana Tunai dari Bank Sulselbar Cabang Malili sebesar Rp20 juta untuk Kontingen Raimuna Nasional ke XII Kwartir Cabang Luwu Timur.

Rainas merupakan pertemuan Pramuka Penegak Pandega Tingkat Nasional yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali, dengan tujuan sebagai sarana mempersatukan persaudaraan dan meningkatkan kecakapan dan kualitas generasi muda.

Untuk tahun 2023 ini, Raimuna Nasional mengusung tema “Pramuka Hebat Indonesia Bangkit”, dan dipusatkan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, dari tanggal 14-21 Agustus 2023.

Baca juga: Presiden saksikan prosesi Bhinneka Tunggal Ika pramuka
Baca juga: Ketua Kwarnas Pramuka laporkan persiapan Raimuna ke Presiden
Baca juga: Kwarnas Pramuka gelar Raimuna Nasional Agustus

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023