Seri Iskandar, Malaysia (ANTARA/PRNewswire)- Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) sukses  menorehkan pencapaian baru dalam peringkat Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education (THE). Pencapaian ini memperkuat posisi UTP sebagai perguruan  tinggi terbaik di Malaysia dan sekaligus sebagai perguruan tinggi  swasta terbaik  di ASEAN.  Prestasi luar biasa UTP di pentas global membuktikan komitmennya sebagai perguruan tinggi yang unggul  di bidang pembelajaran dan penelitian.

UTP membuat pencapaian baru dengan mempertahankan posisinya sebagai universitas nomor satu di Malaysia dan menjadi universitas swasta terbaik di ASEAN dalam "THE Asia University Rankings 2023". Melompat 32 peringkat, UTP  melonjak dari posisi ke-95 di Asia pada tahun lalu dan kini berada di posisi ke-63 pada peringkat tahun ini. Peningkatan luar biasa ini mencerminkan dedikasi UTP dalam menyediakan pendidikan kelas dunia.

UTP kembali tampil di pentas global dengan peringkat yang impresif dalam "QS World University Rankings 2024". Posisi UTP mengalami peningkatan yang fenomenal dan kini berada di posisi ke-307 di dunia, naik 54 peringkat dari pencapaian sebelumnya pada posisi ke-361. Pencapaian penting ini pun memperkuat status UTP sebagai institusi unggulan dalam pendidikan tinggi global, dan UTP kini  termasuk dalam jajaran 21% perguruan tinggi terbaik dunia.

 Prestasi luar biasa UTP dalam pemeringkatan tersebut diraih berkat keunggulannya di sejumlah aspek: Sitasi, Reputasi Akademik, dan Reputasi dari Perusahaan Pemberi Kerja. Aspek-aspek ini mencerminkan dedikasi UTP pada penelitian  yang berdampak positif, pengakuan dari komunitas akademik, serta kemampuan UTP menghasilkan lulusan yang  diminati perusahaan di beragam industri di seluruh dunia.

Terlebih lagi, UTP  yang baru berusia 26 tahun, membuat pencapaian fantastis dalam "THE Young University Rankings 2023". Selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021, UTP mempertahankan statusnya sebagai universitas nomor satu di Malaysia. Hal ini menunjukkan pengakuan global yang kian baik. Apalagi, UTP naik 40 peringkat hingga mencapai posisi ke-79 sebagai perguruan tinggi berusia muda di dunia. UTP memiliki keunggulan dalam bidang Riset dan Prospek Internasional, bahkan meraih skor tertinggi di Malaysia.

Pemeringkatan ini mengevaluasi universitas di seluruh dunia yang berusia 50 tahun atau di bawahnya. Posisi UTP yang sukses melompat dari peringkat sebelumnya pada posisi ke-199 membuktikan komitmen kuat UTP pada keunggulan  pembelajaran, penelitian serta kemampuan membina lingkungan dan pengalaman belajar yang dinamis bagi mahasiswa.

Menurut Vice Chancellor, UTP, Profesor Ts. Dr. Mohamed Ibrahim Abdul Mutalib, "Kami sangat bangga atas posisi UTP yang  naik pesat dalam pemeringkatan tersebut. Kami juga berterima kasih atas dukungan PETRONAS dan mitra-mitra UTP sehingga kami mampu membuat pencapaian penting tersebut. Kami juga mengapresiasi kerja keras dan dedikasi tenaga pengajar, staf, dan mahasiswa terhadap kesuksesan UTP."

"UTP tetap berkomitmen pada keunggulan di bidang pembelajaran, penelitian  yang berdampak positif, serta inovasi. UTP bertekad  memberikan pengalaman terbaik bagi mahasiswa, khususnya membekali lulusan dengan keahlian dan wawasan agar mereka dapat berkembang di tengah dunia yang terus berubah."

"Terlebih lagi, UTP sangat mendukung inisiatif transisi energi PETRONAS sebagai bagian dari cita-cita UTP guna mencapai keunggulan global secara berkelanjutan. Dengan visi bersama untuk mencapai Net Zero Carbon Emission (NZCE) pada 2050, UTP aktif berkontribusi merealisasikan target ini melalui program  penelitian dan  pembelajaran. UTP ingin mengembangkan solusi berkelanjutan dan menyiapkan  pemimpin generasi baru yang memiliki kepekaan terhadap lingkungan hidup," lanjutnya.

 Konsisten UTP dalam pemeringkatan QS dan THE memperkuat statusnya sebagai universitas terbaik di Malaysia dan ASEAN. Pencapaian luar biasa ini melambangkan dedikasi UTP pada keunggulan  pembelajaran,  penelitian yang berdampak positif, serta komitmen untuk merumuskan masa depan lewat pendidikan tinggi.

Tentang Universiti Teknologi PETRONAS (UTP)

Berdiri pada 1997, UTP merupakan universitas swasta terkemuka di Malaysia. UTP menawarkan berbagai jenis program studi sarjana dan pascasarjana yang relevan dengan industri, seperti Ilmu Teknik, Sains dan Teknologi. UTP menghasilkan lulusan yang menguasai keahlian lengkap sekaligus memiliki kualitas kepemimpinan dan kemampuan komunikasi terbaik.

UTP telah menghasilkan lebih dari  23,000 lulusan yang berasal dari sekitar 60 negara. UTP juga berhasil menjadi salah satu  penyedia sumber daya manusia dan tenaga kerja yang kompeten di tingkat regional. Saat ini, jumlah mahasiswa prakuliah (foundation) UTP tercatat lebih dari 800 orang, mahasiswa sarjana sebanyak lebih dari 4.000 orang, serta mahasiswa pascasarjana sebanyak lebih dari 1.000 orang  dari sekitar 50 negara.

UTP menjalankan aktivitas  penelitian yang luas lewat kolaborasi dengan PETRONAS serta institusi lain dan industri. Aktivitas  penelitian UTP meliputi sejumlah topik seperti self-sustainable building, infrastruktur transportasi, analisis kesehatan, hydrocarbon recovery, pengelolaan bahan kontaminan, serta sistem otomatis. Informasi lebih lanjut tersedia di www.utp.edu.my.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023