Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bersama Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia melakukan kerja sama dalam peningkatan pendidikan yang ditandai dengan penandatanganan dokumen kerja sama (MOU) diantara kedua belah pihak.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UMSU Dr Rudianto. M.Si di Medan, Rabu mengatakan penandatanganan MoU antara ke dua pihak dilakukan di Gedung Center For Advance and Professional Education (CAPE) UTP di KLCC Kuala Lumpur pada Senin (6/11).

Universiti Teknologi Petronas adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka bidang teknologi di Malaysia yang berada di bawah pengelolaan Petronas Sdn Bhd.

Komitmen kerja sama dilanjutkan diskusi tindak lanjut antara Wakil Rektor UMSU Rudianto dan Vice Canchellor UTP Prof Dr Muhammad Ibrahim di booth UTP pada kegiatan QS Education Summit Asia Pacific di KLCC pada Selasa (7/11).

Pada kesempatan itu Rudianto berkunjung dan menyaksikan Booth UTP. Kedua universitas berkomitmen melanjutkan kesepakatan kerja sama dengan berbagai aktivitas di masa datang. Pihak UTP mengundang UMSU untuk datang ke kampus utama UTP di Perak Malaysia.

Selain itu UTP juga membuka peluang untuk melakukan pertukaran dosen dan mahasiswa dengan UMSU, termasuk proyek riset bersama antara dosen UTP dan UMSU.

Sebaliknya, Rudianto juga mengundang UTP untuk hadir ke UMSU di kota Medan. Ia berharap pihak UTP yang peduli pada bidang teknologi dan energi terbarukan akan memberi inspirasi bagi kemajuan UMSU di masa mendatang.

"Alhamdulillah kita kembali menambah mitra perguruan tinggi asing dari Malaysia. UTP kita tahu sangat unggul di bidang teknologi. Kami akan undang pimpinan, dosen pakar dan mahasiswa untuk bisa hadir nanti ke UMSU untuk berkolaborasi," kata Rudianto.

Baca juga: Tim Tari UMSU Juara ICF 2023 yang diikuti 10 negara

Baca juga: Tokoh Pendidikan Malaysia: UMSU berpeluang jadi kampus internasional

Baca juga: UMSU jalin kerja sama internasional dengan MQA Malaysia  

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023