yang belum mendapatkan penghargaan dapat termotivasi untuk meningkatkan akreditasi
Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) meraih 17 penghargaan pada anugerah pelaporan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi perguruan tinggi swasta di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumut.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani di Medan, Kamis, mengatakan pihaknya menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kerja kolektif antarpimpinan dan lembaga di UMSU.

"Alhamdulillah, ini tentu agenda tahunan perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara yang dapat dijadikan motivasi untuk mempersiapkan persaingan yang begitu ketat dan terima kasih LLDikti dapat memperkuat PTS di Sumut," katanya.

Selain itu, dia mengatakan pencapaian tersebut menjadi bagian dari progres yang baik, namun bukan akhir dari sebuah proses tapi awal menghadapi tantangan ke depannya.

"Saya yakin akan selalu ada raihan-raihan lainnya yang lebih baik di masa mendatang," kata Rektor UMSU optimis.

Sebelumnya UMSU telah mempertahankan juara umum dalam Monev Perguruan Tinggi swasta terbaik versi LLDIkti Sumut selama tiga tahun berturut yakni tahun 2019, 2020 dan 2021.

Baca juga: UMSU perkuat jaringan menuju kampus berkelas dunia 
Baca juga: Empat dosen UMSU dikukuhkan jadi Guru Besar

Terdapat tujuh perguruan tinggi swasta yang mendukung kegiatan tersebut yaitu UMSU, UNPRI, ITSI, Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua, Medistra Lubuk Pakam, Stikes Mitra Husada Medan dan Stikes Assyifa Kisaran.

SPMI bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan mutu perguruan tinggi swasta berkelanjutan, dilakukan secara internal untuk mewujudkan visi misi perguruan tinggi serta memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan PTS.

Sementara Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumut Prof Saiful Anwar Matondang mengatakan, pihaknya mengapresiasi pencapaian UMSU sebagai universitas yang banyak meraih penghargaan pada Anugerah Pelaporan SPMI tahun 2023.

"Semoga penganugerahan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara, bagi yang belum mendapatkan penghargaan dapat termotivasi untuk meningkatkan akreditasi dan pelaporan SPMInya. Saat ini, selamat UMSU mendominasi penghargaan," katanya.

Baca juga: LLDIKTI Sumatera Utara boyong 20 PT ke Unismuh Makassar
Baca juga: UMSU juara pemilihan mahasiswa berprestasi LLDikti Sumut 2023
Baca juga: UISU perguruan tinggi sehat di Sumut, sebut LLDikti

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024