Jakarta (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Toni Toharudin mendukung upaya pembentukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di bidang transportasi dan logistik dalam rangka mendukung ekonomi dan perdagangan negara.

“Dalam konteks globalisasi kelancaran transportasi dan distribusi barang dianggap sebagai tulang punggung yang vital untuk mendukung ekonomi dan perdagangan negara,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kemenhub dan ITS kerja sama pengembangan SDM sektor transportasi

Salah satu upaya pembentukan SDM berkualitas di bidang transportasi ini dilakukan oleh Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti yang baru saja melaksanakan wisuda terhadap 1.084 mahasiswa.

Toni mengatakan gelar yang diperoleh oleh para wisudawan akan menjadi motivasi bagi mereka untuk terus belajar dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Terlebih, ITL Trisakti dinila memiliki peran strategis dalam mempersiapkan SDM di bidang transportasi dan logistik yang akan mampu mendukung ekonomi dan perdagangan negara melalui transportasi dan distribusi barang yang lancar.

“Institusi ini diakui sebagai pilar utama dalam mempersiapkan tenaga profesional yang diperlukan untuk menjaga kelangsungan rantai pasokan dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar internasional,” katanya.

Toni menegaskan para wisudawan harus berperan aktif dan menjadi agen perubahan yang membawa kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan dalam sistem transportasi dan logistik Indonesia.

Menurutnya, kemampuan untuk terus belajar, beradaptasi, dan berinovasi akan menjadi kunci kesuksesan di dunia kerja, karena sektor transportasi dan logistik terus berubah seiring perkembangan teknologi, perubahan regulasi, dan tantangan lingkungan.

Rektor ITL Trisakti Yuliantini menekankan para wisudawan memiliki peran krusial dalam menghadapi tantangan di dunia kerja dan memberi dampak positif bagi masyarakat.

Baca juga: Kemenhub komitmen kembangkan kualitas SDM bidang transportasi darat

Baca juga: Menhub ingatkan sektor transportasi butuh SDM handal


Sekretaris Yayasan Trisakti, Muhammad Dimyati menambahkan pihaknya akan terus mendukung program pencerdasan bangsa melalui pendidikan mengingat ITL Trisakti merupakan satu-satunya institut swasta di bidang transportasi dan logistik.

“ITL Trisakti didukung oleh SDM yang matang dan berpengalaman, khususnya dari instansi, tenaga kerja dan praktisi lain yang terlibat,” kata Dimyati.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023