banyak yang masih bisa kita gali terkait semua potensi yang ada di UMSU melalui ANTARA
Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sepakat meningkatkan kerja sama dengan Perum LKBN ANTARA biro Sumatera Utara, khususnya dalam hal penyebarluasan berbagai program dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di perguruan tinggi itu.

Raktor UMSU Prof Agussani M.AP di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya terus berupaya membangun sinergitas dengan berbagai lembaga, baik swasta maupun pemerintah dalam dan luar negeri sebagai upaya menyongsong internasionalisasi kampus.

Termasuk juga kerja sama dengan Perum LKBN ANTARA sebagai salah satu lembaga milik pemerintah yang bergerak di bidang media. Kerja sama yang selama beberapa tahun terakhir ini sudah terjalin dengan baik dinilai berdampak positif pada pengembangan UMSU.

"Tentunya kami sangat mengapresiasi kerja sama yang selama ini sudah terjalin dan tentunya juga kami ingin kerja sama itu bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama dalam hal peningkatan SDM mahasiswa UMSU lewat program magang," katanya didampingi Kabag Humas UMSU Dr Ribut Priadi.

Menurut Rektor, banyak hal yang bisa dilanjutkan dari kerja sama yang selama ini sudah terbangun. Selain pemberitaan dan penyebarluasan informasi berbagai program, juga bisa ditingkatkan pada seminar, pelatihan jurnalistik, dan peningkatan SDM.

"Ini semua bisa kita diskusikan bersama, apa-apa saja yang bisa dikembangkan lagi UMSU dengan LKBN ANTARA. Kita bawa perguruan tinggi ini tidak hanya pada rutinitas saja, namun kami terus membuka diri. Insya Allah kita siap terus meningkatkan kerja sama, apalagi kerja sama di bidang pendidikan. Artinya setiap peluang harus bisa kita sinergikan," katanya.

Baca juga: UMSU raih enam penghargaan Anugerah Diktiristek 2023
Baca juga: ANTARA-UPN Veteran Yogyakarta jalin kerja sama berbagai bidang
Baca juga: LBKN ANTARA, China Daily Multimedia teken MoU kerja sama media


Terkait peningkatan kerja sama tersebut, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut, Azhari menyebutkan, pihaknya dengan tangan terbuka siap meningkatkan kerja sama dengan UMSU yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Sumatera Utara.

"UMSU banyak mendapatkan prestasi dan penghargaan tingkat nasional. Banyak yang masih bisa kita gali terkait semua potensi yang ada di UMSU melalui ANTARA. Ide-ide apa yang perlu dikembangkan kami siap mempublikasikannya," katanya.

Terkait pengembangan SDM, kata dia, pihaknya siap menerima mahasiswa UMSU yang berniat magang di LKBN ANTARA untuk memperdalam kemampuannya di bidang jurnalistik sebagai tidak lanjut dari apa yang sudah didapat selama ini di bangku kuliah.

"ANTARA juga siap mempublikasikan pemikiran maupun ide-ide dari para dosen UMSU. Tentunya itu semua bagian dari sinergitas UMSU dengan ANTARA. Dalam waktu dekat ini juga ANTARA turut berpartisipasi dalam acara UKM Teropong dalam pelatihan jurnalistik dan pameran foto. Semoga kerja sama di antara kita dapat terus terbina," katanya.

Baca juga: UIKA dan LKBN ANTARA BPJ gagas kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi
Baca juga: ANTARA dan BERNAMA komitmen eratkan kerja sama kantor berita se-ASEAN
Baca juga: LKBN ANTARA jalin kerja sama diseminasi informasi PSO dengan TVRI

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024