Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dan Kantor Berita China Daily Multimedia melakukan penandatanganan (MoU) untuk meningkatkan kerja sama media.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Direktur Utama LKBN ANTARA Akhmad Munir dan Wakil Pimpinan Redaksi China Daily Multimedia Li Jun di Gedung Wisma Antara B di Cikini, Jakarta, Selasa.

Direktur Utama Akhmad Munir mengatakan ANTARA sebagai kantor berita satu-satunya milik pemerintah Indonesia dapat bekerja sama dengan China Daily untuk mendorong pemerintah China dan Indonesia untuk saling menjalin kerja sama yang menguntungkan.

"Kami menganggap kemitraan ANTARA dan China Daily memiliki peran strategis dan bagi kami kemitraan dengan China adalah sebuah kesempatan besar untuk bisa membawa Indonesia menjadi negara besar dan dapat sejajar dengan China dan negara maju lainnya," kata Munir.

Oleh karena itu, ujar Munir, melalui kerja sama ini diharapkan ANTARA dan China Daily dapat saling meningkatkan profesionalisme jurnalis dan perusahaan media serta saling mengembangkan potensi diri.

"Dengan senang hati jika China Daily melakukan kemitraan operasional seperti pertukaran berita, pameran foto bersama, pendidikan bersama sehingga dapat meningkatkan profesionalisme," katanya menambahkan.

Yang lebih penting bagi kami, kata Munir, yakni ketika China Daily mengajak kami untuk berbisnis bersama. "Sebab bagi kami, China memiliki potensi besar untuk disiarkan di Indonesia dan sebaliknya, bagi China Daily, Indonesia bisa menjadi sumber berita bagi warga China".

Sementara itu, Li Jun mengatakan ANTARA dan China Daily sudah lama menjalin kerja sama. "Meski belum bertemu secara langsung, namun kita sering berdiskusi melalui online dan berkomunikasi," katanya.

Pada kesempatan itu Li Jun juga menceritakan secara singkat sejarah China Daily yang didirikan pada 1981 dan kini memiliki 35 kantor cabang.

Li Jun menjelaskan China Daily juga telah mengelar berbagai acara yang sama seperti ANTARA seperti pameran foto. "Kami juga telah mengadakan beberapa acara untuk mengembangkan brand dan telah menggandeng sejumlah negara untuk melakukan kerja sama", katanya.

Penandatangan ini, lanjut Li Jun, pasti akan memperkuat kerja sama ANTARA dan China Daily sekaligus menyatukan arah dan pikiran antara China dan Indonesia, selain menyatukan kebudayaan kedua negara.

Li Jun juga berharap dapat melakukan kunjungan ke kantor ANTARA yang baru di Pasar Baru, Jakarta tahun depan.

Seperti diketahui, China Daily dan the ASEAN-China Centre serta didukung chinadaily.com.cn, menyelenggarakan “Song of Our Homeland: China-ASEAN International Media Tour 2023” di Indonesia pada 20-23 November dan di Singapura pada 24-27 November.

Media tur tersebut terdiri atas wartawan dari China dan negara-negara ASEAN serta pelajar Tiongkok lokal dan perantauan.

Kunjungan media tur ke LKBN Antara juga untuk meningkatkan saling pengertian dan persahabatan, memperdalam kerja sama pragmatis serta menjadi ajang untuk berbagi kisah membangun komunitas China-ASEAN yang lebih erat.

Baca juga: Forum media China-Indonesia perkuat kerja sama, penggunaan teknologi
Baca juga: China pandang posisi Indonesia penting dalam Prakarsa Sabuk dan Jalan

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023