Medan (ANTARA) - Empat dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dikukuhkan sebagai guru besar untuk berbagai disiplin ilmu melalui sidang senat terbuka yang digelar di auditorium kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan.

Rektor UMSU Prof Agussani di Medan, Senin, mengatakan, keempat dosen yang dikukuhkan sebagai guru besar itu adalah Prof. Dr. R. Sabrina (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen) Prof. Dr. Ida Hanifah (Guru Besar Bidang Ilmu Hukum) Prof. Dr. Emilda Sulasmi (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan) dan Prof. Dr. Siti Mujiatun (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen).

Dengan dikukuhkannya empat dosen itu menjadi guru besar, maka saat ini UMSU sudah memiliki 16 orang guru besar. Ke depan, pihaknya akan terus mendorong dan memfasilitasi para dosen untuk meraih jabatan tertinggi sebagai guru besar.

"Dikukuhkannya empat guru besar perempuan ini, tentunya merupakan sejalan dengan target UMSU sebagai kampus yang terakreditasi unggul," katanya.

Baca juga: UMSU bangun tower 17 lantai senilai Rp250 miliar

Baca juga: UMSU raih enam penghargaan Anugerah Diktiristek 2023


Ke depannya, UMSU terus berupaya memberikan motivasi kepada para dosen dengan berbagai program, di antaranya penyediaan dana penelitian dan bantuan berupa insentif publikasi jurnal ilmiah, terakreditasi nasional dan internasional terindeks Scopu untuk mencapai guru besar.

Dikukuhkannya empat dosen UMSU perempuan itu menjadi guru besar juga mendapat apresiasi dari Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir.

Dia menyampaikan pesan bahwa kampus dan dunia akademik harus selalu menyebarkan nilai-nilai kebenaran. Guru besar sejatinya adalah pendekar yang menjadi benteng ilmu, seni dan budaya serta benteng akhlak dan benteng peradaban.

"Ilmu juga mengajarkan etika, moral dan akhlak karena dunia ilmu dan akademik telah ditanamkan. Manusia harus hidup berdasarkan value atau nilai, itulah yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain," katanya.

Pada orasi ilmiah, Prof. Sabrina yang merupakan Sekda Sumut periode 2018-2021 menceritakan alasannya memilih gabung di dunia akademik bersama UMSU. Dia mengapresiasi UMSU karena memiliki beberapa item yang mumpuni, terlihat dari capaian akreditasi unggul.

"UMSU memiliki visi misi dan kebijakan yang dijabarkan secara visioner dan akuntabel yang direalisasikan dengan nyata untuk pengembangan Lembaga mahasiswa maupun dosen. UMSU memiliki percepatan guru besar yang profesional, termasuk saat ini kami meraih capaian guru besar," katanya.*

Baca juga: Jaksa tuntut 12 tahun penjara empat pelaku begal bunuh mahasiswa UMSU

Baca juga: UMSU-UTP Malaysia kerja sama peningkatan pendidikan

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023