Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) membangun tower 17 lantai senilai Rp250 miliar yang dilengkapi auditorium dengan kapasitas 6.800 kursi, 120 ruang kuliah dan 25 ruang perkantoran.

"Pembangunan tower itu merupakan bagian penting dalam penataan kampus guna menjawab tantangan masa depan," kata Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP pada peletakan batu pertama pembangunan tower UMSU 17 lantai itu di Kampus UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Sabtu.

Pembangunan tower yang direncanakan dikerjakan selama 36 bulan tersebut mengusung ciri khas budaya kearifan lokal dari Melayu, Mandailing, Batak dan Padang. Material bangunan yang digunakan memakai bahan ramah lingkungan hidup.

"Mudah-mudahan awal tahun 2027 tower ini sudah selesai dibangun dan juga dapat digunakan sebagai arena Muktamar Muhammadiyah tahun 2027," katanya.

Sementara Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir dalam kesempatan yang sama menyampaikan harapan tower tersebut dapat diselesaikan tepat waktu sesuai rencana karena akan dijadikan arena Muktamar Muhammadiyah 2027.

Baca juga: UMSU-UTP Malaysia kerja sama peningkatan pendidikan

Baca juga: Mahasiswa Internasional antusias ikuti lomba Bahasa Indonesia di UMSU

Baca juga: Tokoh Pendidikan Malaysia: UMSU berpeluang jadi kampus internasional


"Muktamar merupakan tonggak bagi penguatan akselerasi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berkemajuan. Ini era abad kedua perjalanan Muhammadiyah. Pembinaan keagamaan sejak dini pada para generasi milenial sangat penting. Kita harus dengan tekun dan sabar membina akhlak mereka," katanya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan surat keputusan pelaksanaan muktamar kepada Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Dr Hasyimsyah Nasution MA didampingi Rektor UMSU Prof Dr H Agussani MAP.

Sementara Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Abdul Mu'ti MEd dalam kesempatan terpisah menyampaikan selamat kepada Rektor UMSU sebagai tuan rumah Muktamar Muhammadiyah ke-49.

"Selamat sekali lagi kepada rektor atas ditunjuknya UMSU sebagai tuan rumah Muktamar Muhammadiyah ke-49 yang Insya Allah peserta menempati gedung lantai 17 di UMSU Tower," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023