Medan (ANTARA) - Tim Tari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali mengukir prestasi gemilang dan kali ini berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari pada agenda 2nd Indonesia International Culture Festival (IICF) 2023 yang diikuti tim dari 10 negara.

Rektor UMSU, Prof.Dr. Agussani, MAP di Medan, Minggu, menyampaikan, rasa bangga atas sukses yang berhasil diraih Tim Tari UMSU di ajang ICF 2023 yang digelar oleh Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

"Selamat kepada Tim tari UMSU yang telah meraih prestasi membanggakan di ajang internasional," ungkapnya.

Dijelaskan, sukses tim tari UMSU menjadi bukti komitmen kampus dalam pembinaan di bidang kemahasiswaan yang tidak hanya berfokus pada aspek akademis. UMSU juga memberi ruang dan kesempatan luas kepada para mahasiswa untuk mengembangkan bakat di bidang seni dan olahraga.

Dukungan universitas kepada setiap mahasiswa untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki tak sebatas memberi kesempatan untuk berkompetisi, tapi juga menyediakan sarana dan prasarana untuk berlatih.

"Ada wadah yang disediakan kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi dirinya untuk bisa meraih prestasi di luar bidang akademik," katanya.

Dia berharap, raihan prestasi tim tari UMSU tersebut bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya. Tim tari juga diharapkan tidak cepat berpuas diri karena mempertahankan prestasi jauh lebih sulit ketimbang meraihnya.

Baca juga: Rektor: Mahasiswa tak cukup hanya berprestasi tapi harus berkarakter

Sementara Pembina UKM Tari dan Seni Budaya UMSU, Dharma Ari Prianto mengungkapkan, rasa syukurnya atas keberhasilan yang diraih.

“Alhamdulillah, Tim Tari UMSU kembali berjaya di tingkat nasional,” ujarnya.

Ari mengungkapkan, pada festival yang di gelar di TMII Anjungan Riau itu, Tim Tari UMSU sukses menyisihkan lebih 200 peserta.

“Tim Tari UMSU meraih juara kategori Melayu tingkat sanggar se-Indonesia,” kata Ari.

Diketahui event IICF 2023 digelar oleh Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia(Kemenparekraf RI dengan mengangkat tema “Harmoni Indonesia”. Festival ini diikuti oleh 10 negara, yakni Korea, USA, Bulgaria, Greece, Rusia, Iran, India, Filipina, Sri Lanka, Mexico, Thailand dan Indonesia.


Baca juga: Mahasiswa Unand sabet medali perunggu Japan Design Idea Invention Expo
Baca juga: UMSU juara pemilihan mahasiswa berprestasi LLDikti Sumut 2023

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023