Dirjend Dikti, Prof. Ir. Nizam memberikan apresiasi dan dukungan kepada UMSU atas terjalinnya kerja sama Internasional dengan MQA Malaysia.
Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sepakat menjalin kerja sama dengan Badan Kualifikasi Malaysia atau Malaysian Qualifications Agency (MQA) yang ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman Rektor UMSU Prof Agussani dan Ketua Pegawai Eksekutif, Agensi Kelayakan Malaysia (MQA) Prof. Dr. Mohammad Shatar Sabran.

Serah terima naskah MoU dan MoA digelar, Selasa di Jakarta yang turut disaksikan Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, Dato' Seri Mohamed Khaled bin Nordin dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam.

Dirjend Dikti, Prof. Ir. Nizam memberikan apresiasi dan dukungan kepada UMSU atas terjalinnya kerja sama Internasional dengan MQA Malaysia.

"Saya ucapkan selamat kepada UMSU yang hari ini bertukar naskah MoU dengan MQA Malaysia. Semoga UMSU semakin maju dalam menyiapkan sumber manusia yang unggul untuk kemajuan bangsa dan negara. Semoga UMSU bisa mengembangkan dan bersemangat untuk kampus merdeka menuju pada perguruan tinggi berkelas dunia," katanya.

Secara terpisah, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. K. H. Haedar Nashir, M. Si turut memberikan selamat dan berharap kerja sama internasional yang telah terjalin, mampu memobilisasi potensi UMSU.

"Selamat UMSU atas pengembangan kerja samanya, semoga mampu memobilisasi pontensi yang dimiliki, sehingga UMSU dapat menjadi universitas yang go Internasional," ujar Prof. Haedar saat ditemui di kantor Muhammadiyah Pusat.

Dia juga mengatakan kerja sama ini menjadi pondasi penting, bagi peningkatan kolaborasi pendidikan tinggi di Muhammadiyah dan Aisiyiyah dengan Malaysia yang selama ini juga telah dibangun.

Sebelumnya, Ketua Pengarah Pendidikan Tinggi Malaysia Prof. Dr. Azlinda, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melakukan kerja sama, sehingga dapat saling bertukar nota kesepahaman atau kesepakatan kerjasama Internasional.

"Saya percaya jalinan utuh yang kita bina hari ini akan meningkatkan lagi kerja sama dalam bidang pendidikan yang memberikan kebaikan. Kami pendidikan tinggi Malaysia, mengajak semuanya untuk menjalin kerja sama antarbangsa khususnya dalam bidang akademik," Ujar Prof. Azlinda.

Kerja sama yang dijalin antara UMSU dan MQA Malaysia, terkait program APEL atau RPL, yakni memberi kesempatan calon mahasiawa yang bekerja untuk memperoleh pendidikan formal pada level strata 1 dengan merekognisi hal-hal yang telah dikerjakan.

Calon mahasiswa yang bekerja di bidang profesional dapat menyesuaikan jumlah SKSnya sesuai bidang.
Baca juga: UMSU tingkatkan mutu akademik agar mampu bersaing di kancah global
Baca juga: L2Dikti: Wujudkan akreditasi internasional UMSU
Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara-PT ASEAN tingkatkan kerja sama

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023