Ini kali kedua saya berkunjung ke Indonesia setelah pada tahun 2002 saya datang
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Axel Van Trotsenburg yang ingin melakukan kerja sama di berbagai sektor pembangunan.

"Ini kali kedua saya berkunjung ke Indonesia setelah pada tahun 2002 saya datang. Dalam posisi yang baru ini saya ingin mengunjungi semua negara yang ada di kawasan untuk mengenal lebih jauh masing-masing," kata Van Trotsenburg di Kantor Wapres Jakarta, Kamis.

Turut hadir dalam kesempatan itu Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Stefan Koeberle dan tiga ekonom senior Bank Dunia James Brumby, Ndiame Diop, dan Jan Weetjens.

Dalam perkenalan singkat tersebut Van Trotsenburg mengungkapkan keinginan Bank Dunia untuk terus meningkatkan kerja sama dalam berbagai sektor pembangunan demi memastikan stabilitas dan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi yang positif di Indonesia.

Sejumlah area yang menjadi perhatian khusus Bank Dunia di Indonesia adalah desentralisasi, peningkatan kapasitas, dan pemenuhan sisi permintaan pasar domestik yang terus tumbuh.

Penunjukan Van Trotsenburg resmi dimulai pada tanggal 1 Februari 2013. Dia akan memimpin kegiatan operasional Bank Dunia di kawasan yang kini menguasai 40 persen dari pertumbuhan ekonomi global.

Axel Van Trotsenburg sebelumnya adalah Vice President for Concessional Finance and Global Partnerships dan pernah pula menjadi Direktur Bank Dunia untuk Meksiko dan Kolombia, serta Argentina, Cile, Paraguay, dan Uruguay.

Sebelumnya, posisi Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik diisi oleh Pamela Cox, yang telah ditunjuk untuk menjadi Wakil Presiden Senior Bank Dunia untuk Manajemen Perubahan.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013