... menteri keuangan, hanya presiden yang tahu... "
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan, hanya Presiden Susilo Yudhoyono yang mengetahui nama calon menteri keuangan baru pengganti Agus Martowardojo yang akan menempati posisi baru sebagai gubernur Bank Indonesia mulai Mei mendatang.

"Kalau menteri keuangan, hanya presiden yang tahu. Yang pasti sebelum habis masa jabatan gubernur BI saat ini, nama menteri keuanga baru sudah akan ditetapkan," ujar Rajasa, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, presiden telah mempertimbangkan sejumlah nama yang memiliki pengalaman dalam bidang ekonomi makro, dan kandidat menteri keuangan tidak jauh dari nama-nama yang beredar di media massa.

"Presiden mencari putra terbaik, nama yang beredar di koran juga menjadi perhatian presiden, tapi hanya presiden yang tahu," katanya. 

Nama Darmin Nasution, yang digantikan Martowardojo di pucuk pimpinan Bank Indonesia itu, juga disebut-sebut akan menjadi menteri keuangan baru.  

Selain dia, nama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, M Chatib Basri, Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar, Direktur Jenderal Pajak, Fuad Rahmany, dan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, juga masuk "bursa".

Rajasa pun membantah dirinya akan merangkap jabatan tertinggi di lingkungan Kementerian Keuangan tersebut, karena kesibukannya sebagai menteri koordinator bidang perekonomian telah menyita waktunya.

"Pekerjaan sebagai menko saja sudah luar biasa sibuknya. Tadi malam saya baru pulang dari Myanmar," katanya.

(S034/A039)

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013