Makassar (ANTARA) - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan menyebut pramuka merupakan organisasi pendidikan karakter yang dapat membantu menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul di masa yang akan datang.

"Sejak lama pramuka menjadi organisasi pendidikan karakter. Banyak cendekiawan lahir dari organisasi pramuka, dan kita harapkan di masa datang juga lahir SDM unggul dari organisasi ini," ujarnya di Makassar, Senin.

Baca juga: Bupati Lutim lepas kontingen Raimuna Nasional

Adnan Purichta Ichsan menyampaikan bahwa kegiatan Raimuna Nasional (Rainas) adalah kegiatan lima tahunan berskala nasional dari Gerakan Pramuka yang menjadi impian setiap anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Rainas 2023 akan diikuti oleh sekitar 25.000 anggota pramuka se-Indonesia.

Ia menyatakan eksistensi dan peran Gerakan Pramuka harus tetap dipertahankan, jangan sampai semakin berkurang disebabkan oleh keterlambatan penyesuaian dengan dinamika kehidupan

"Kegiatan Rainas 2023 berlangsung pada 12-21 Agustus, di mana Kwarda Sulsel memberangkatkan sebanyak 1.017 peserta terdiri dari Pramuka Penegak dan Pandega meliputi 504 putra, 470 putri, 24 pembina pendamping, dan 19 dokter dari masing-masing Kwartir Cabang," katanya.

Baca juga: Kajari Selayar lepas kontingen peserta Raimuna Nasional 2023

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan orang-orang yang mengikuti Pramuka selalu mencari tantangan, bahkan organisasi ini bisa di segala medan.

"Sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka, anak-anak kita yang ikut pramuka memiliki kedisiplinan tinggi, mentalitas yang kuat. Anak-anak yang menjadi pramuka harus berbangga karena mental itu bisa terbentuk sejak siaga, penggalang hingga penegak," katanya.

Andi Sudirman yang juga Ketua Mabida Pramuka Sulsel berharap seluruh peserta Kontingen Sulsel yang ikut pada Rainas ini bisa menjadi pemimpin cerdas dan memiliki moral kepemimpinan dengan akhlak yang baik.

Baca juga: Pramuka UI jadi juri pada lomba Penggalang tingkat nasional

Pada Apel Besar ini, turut diikuti Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni, Dandim 1409 Gowa, Kapolres Gowa, dan masing-masing Kwartir Cabang se-Sulawesi Selatan.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023