Jakarta (ANTARA) - Sekelompok umat Hindu dan Buddha menggelar doa bersama untuk kelancaran proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.
 
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan doa bersama yang dilakukan di titik nol bersama umat Hindu dan Buddha bertujuan mengucapkan syukur atas anugerah kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia.
 
"Hari ini adalah hari yang sangat baik soma kliwon (Senin Kliwon) wuku Kuningan. Hari suci Pemacekan Agung di dalam tradisi Hindu dan hari baik juga dalam umat Buddha," ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.
 
Ia berharap, momentum Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Indonesia bisa membawa negara ini semakin maju, adil, makmur, dan sejahtera.

Baca juga: IKN Goes to Campus Unmul kenalkan konsep Kota Hutan
 
Seorang pemuka umat Hindu yang hadir bernama Ida Pedanda Nyoman Temuku Manuaba menyatakan doa dipanjatkan kepada Ida Sang Surya yang memberi tenaga dan energi, serta kepada Sang Yang Ibu Pertiwi yang memberikan kesejahteraan dunia dan juga tempat untuk pembangunan IKN Nusantara.
 
"Semoga pembangunan IKN Nusantara berjalan dengan lancar, supaya pembangunan IKN Nusantara cepat berhasil dan hasilnya diberikan yang terbaik," ucap dia.
 
Seorang pemuka umat Buddha yang diwakili oleh Bhante Sri Subhapanno Mahathera menuturkan pembangunan IKN yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia telah berlangsung dengan pesat.
 
Menurutnya, hal itu sesuai dengan apa yang disaksikannya secara langsung di lokasi IKN Nusantara.
 
"Di sini, kita bersama berdoa dan bersaudara. Tiba saatnya kita berdoa untuk kedamaian dan kesuksesan dalam hal pembangunan IKN," ucap dia.

Baca juga: Kemen-PUPR siapkan ratusan tenaga kerja Samarinda untuk IKN
Baca juga: Stafsus Presiden pastikan pembangunan pura di IKN
Baca juga: Wapres: IKN jadi magnet pertumbuhan ekonomi Kaltim

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023