"Sekarang baru mengerucut empat nama. Belum sampai tiga nama. Mudah-mudahan besok kita rapat lagi, konsultasi dengan ketua fraksi,"
Makassar (ANTARA) - Pembahasan usulan tiga nama calon Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan di Kantor DPRD Sulawesi Selatan berlangsung alot hingga harus dibawa ke ruangan Ketua DPRD untuk mendapatkan titik temu, namun tetap menemui jalan buntu hingga akhirnya ditunda.

"Sekarang baru mengerucut empat nama. Belum sampai tiga nama. Mudah-mudahan besok kita rapat lagi, konsultasi dengan ketua fraksi," ujar Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni'matullah Erbe kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin malam.

Menurutnya, pembahasan terkait usulan tiga nama tersebut sesuai arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk selanjutnya ditentukan di Jakarta. Hanya saja, sejak rapat siang tadi hingga larut malam belum menemui titik terang.

Hal itu dikarenakan masih ada dua fraksi yang mengusulkan satu nama, sehingga menjadi empat. Meski demikian, guna menghargai usulan tersebut maka rapat pembahasan akan dilanjutkan kembali esok.

Dari empat nama tersebut yang diusulkan sembilan fraksi di DPRD Sulsel, sebut Ni'matullah yakni Prof Aswanto, Dr Bachtiar, Laksanama TNI AL Abdul Rivai dan Jufri Rahman. Kendati demikian, aturannya hanya dibolehkan diusulkan tiga nama.

"Gambarannya, kalau sampai jam satu besok kalau tidak ada kesepahaman, kemungkinan besar kita voting di rapat paripurna. Empat nama ini besok kita bicarakan lagi, alhamdulilah bisa terjadi kesepakatan mufakat menjadi tiga nama. Kalau tidak ada kesepakatan antar fraksi kemungkinan kita voting," paparnya.

Pria disapa akrab Ulla ini mengungkapkan, memang masih terjadi tarik ulur karena setiap fraksi beda-beda nama yang diusulkan. Selain itu, ada beberapa fraksi tetap bersikukuh dengan usulannya sehingga rapatnya alot.

Disinggung adanya dua fraksi yakni PPP dan PAN yang tetap ngotot atas usulannya mendorong Jufri Rahman sehingga menjadi empat nama, kata Ullah, itu merupakan pilihan masing masing fraksi dan tetap diakomodir.

"Ini agak repot, kata kita sembilan (fraksi) dan begitu akan dikerucutkan menjadi tiga agak berat, ada satu nama yang dipilih dua fraksi, sementara kami pimpinan hanya sebagai moderator dan kami tidak punya suara, karena memiliki suara itu fraksi," ungkap dia.

Dari informasi diperoleh, empat nama calon Pj Gubernur tersebut masing Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi. Laksamana TNI AL Abdul Rivai kini menjabat Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam.

Selanjutnya, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang hukum Prof Dr Aswanto, dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian Aparatur Reformasi Birokrasi Jufri Rahman.

Secara terpisah, Ketua Fraksi PAN Syamsuddin Karlos menyatakan, aturan tata tertib menyepakati bahwa setiap fraksi mengusulkan satu nama. Namun demikian, saat ini belum ada keputusan, jadi PAN konsisten mengusulkan Jufri Rahman.

"Jadi, saya kira PAN sama PPP tetap konsisten untuk mengusung Jufri Rahman. Dalam Tatib bahwa setiap fraksi mengusulkan satu nama, tidak boleh lebih dari satu nama. Saya konsisten mengusung Jufri Rahman karena sangat mengenal Sulawesi Selatan dan saya yakin bisa mengatasi. PPP bersama PAN konsisten bertahan," ucapnya menegaskan usai rapat.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023