Jakarta (ANTARA) - Olympique Lyon resmi mendapatkan mantan pemain Arsenal Ainsley Maitland-Niles secara free transfer atau tanpa biaya yang dikontrak empat tahun hingga 30 Juni 2027.

Transfer itu membuat Maitland-Niles menjadi pemain asal Inggris pertama yang berseragam Lyon, sekaligus menjadi rekrutan keempat klub berjuluk Lee Gones itu pada musim panas ini setelah Clinton Mara dari Club Brugge, Skelly Alvero dari FC Sochaux, dan Duje Caleta-Car dari Southampton.

“Olympique Lyonnais mengumumkan kedatangan pemain internasional Inggris Ainsley Maitland-Niles selama empat musim,” tulis pengumuman klub melalui laman resminya, Selasa.

Maitland-Niles mengaku sangat senang dapat bergabung dengan klub pemilik tujuh gelar Ligue 1 atau Liga Prancis tersebut.

“Saya sangat senang untuk menandatangani di sini. Jika saya diberi tahu pada usia enam tahun bahwa suatu hari saya akan berada di Olympique Lyonnais, saya tidak akan pernah membayangkannya,” kata Maitland-Niles.

Bersama Lyon, Maitland-Niles berharap dapat memainkan posisi favoritnya yaitu gelandang. Namun, ia sangat siap dimainkan pada posisi selain gelandang jika pelatih memintanya.

“Posisi favorit saya? Gelandang. Saya berharap bisa memaksakan diri di posisi ini, tapi saya siap bekerja di mana saja untuk membantu tim,” tambahnya.

Lahir di London, Inggris pada 29 Agustus 1997, Maitland-Niles adalah produk akademi Arsenal yang telah bergabung sejak usia enam tahun. Ia kemudian menghuni skuad kelompok umur The Gunners, dan kemudian mencatatkan debut di tim utama pada Desember 2014 ketika timnya menang 4-1 melawan Galatasaray dalam ajang UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions.

Pesepak bola berusia 25 tahun itu kemudian menjalani masa peminjaman di Ipswich Town pada musim 2015/2016, dan di sana ia tampil 32 kali pada semua ajang dengan dua gol dan tiga assists, demikian dilansir dari Transfermarkt.

Selama berseragam Arsenal, Maitland-Niles tampil 132 pertandingan pada semua ajang resmi dengan tiga gol dan delapan assists, serta memenangkan lima trofi yaitu tiga FA Cup (2014/2015, 2016/2017, dan 2019/2020) dan dua Community Shield (2017 dan 2020).

Maitland-Niles banyak menjalani masa peminjaman selama kariernya dengan tim Meriam London. Setelah Ipswich, pemain setinggi 1,8 meter itu menjalani tiga kali masa peminjaman yaitu di West Bromwich Albion (Februari-Mei 2021), AS Roma (Januari-Juni 2022), dan Southampton (September 2022-Mei 2023).

Peminjaman mengesankan yang dijalani Maitland-Niles adalah bersama Roma yang dipimpin oleh pelatih Jose Mourinho, dimana ia tampil 12 kali pada seluruh ajang, memenangkan UEFA Conference League (UECL) atau Liga Konferensi Eropa pada 2021/2022, dan mengantarkan Giallorossi finis pada posisi enam Serie A atau Liga Italia 2021/2022.


Baca juga: Menang adu penalti lawan City, Arsenal juara Community Shield 2023/24
Baca juga: Arsenal dikabarkan capai kesepakatan personal dengan David Raya

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023