Kebakaran terjadi di Terminal Leuwipanjang, disinyalir ada sekitar 11 kios yang terbakar
Bandung (ANTARA) -
Sebanyak 11 kios pedagang di dekat jalur bus bagian dalam kawasan Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat, terbakar dalam kebakaran di fasilitas umum tersebut pada Selasa (8/8) siang.

"Kebakaran terjadi di Terminal Leuwipanjang, disinyalir ada sekitar 11 kios yang terbakar," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gungun Sumaryana saat dihubungi di Bandung, Selasa.

Ia mengatakan begitu mendapatkan laporan terjadinya kebakaran sekitar pukul 13.00 WIB, pihaknya langsung menerjunkan unit pemadam kebakaran dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Diskar PB Barat dan Selatan serta dari kantor pusat Diskar PB Kota Bandung.

"Semuanya enam unit yang diturunkan dari Mako, UPT terdekat yaitu Barat dan Selatan. Saat ini api sudah tidak terlihat tapi kita akan tetap lokalisir dan tahap pendinginan," kata Gungun Sumaryana.

Sementara itu, Kepala UPT Terminal Leuwipanjang Asep Hidayat mengemukakan bahwa api saat ini sudah dipadamkan, dan sekarang sedang proses pendinginan.

"Menurut laporan, ada sekitar empat mobil pemadam dan Alhamdulillah, api bisa dipadamkan dalam waktu 30 menit. Sekarang Diskar PB sedang melakukan proses evakuasi dan pendinginan," katanya.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya, kebakaran diduga karena korsleting listrik di kios tutup dan tersalurkan melalui dus yang banyak di dalamnya, yang kemudian menyambar tabung gas milik pedagang kantin.

"Sehingga api dengan mudah merembet. Selain itu material kios yang berbahan baku kayu menyebabkan api dengan mudah menyebar. Total 10-12 kios terbakar," katanya.

Ia memastikan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini dan juga memastikan obyek kebakaran adalah kios dan bukan bagian dari bangunan yang digunakan untuk tempat tunggu dan alur penumpang di terminal itu.

"Tidak ada korban jiwa, seluruhnya sudah dievakuasi," demikian Asep Hidayat.

Baca juga: Menhub uji kelaikan bus di Terminal Leuwipanjang

Baca juga: Diperkirakan 160 los pasar hangus akibat kebakaran di Sadang Serang

Baca juga: Gedung Bappelitbang terbakar, Damkar Bandung Barat bantu pemadaman

Baca juga: Wali Kota Bandung evaluasi kondisi Pasar Kosambi usai kebakaran

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023