Jakarta (ANTARA) - Tim balap Honda (HRC) sukses mempertahankan gelar juara mereka di ajang ketahanan Suzuka 8 Hours 2023 di Suzuka, Jepang, Senin (7/8) waktu setempat.

Berdasarkan keterangan resmi World Superbike (WSBK), Selasa, tim diperkuat oleh peraih podium WSBK Xavi Vierge bersama mantan pembalap Moto2 Takumi Takahashi dan Tetsuta Nagashima. Ini merupakan debut Vierge dalam ajang tersebut, menyusul tidak ikutnya rekan satu timnya, Iker Lecuona, yang menggantikan Alex Rins di sejumlah putaran MotoGP, beberapa waktu lalu.

"Bisa membalap di Suzuka 8 Hours adalah pengalaman terbaik. Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti ajang ini, tapi saya memiliki rekan tim terbaik, dan belajar banyak dari sini," kata Vierge.

Meskipun balapan turut diguyur hujan, hal tersebut tidak mampu menghentikan penampilan perkasa Nagashima, Vierge, dan Takahashi untuk menyelesaikan balapan.

Baca juga: Xavi Vierge makin yakin dengan Honda untuk arungi WSBK 2023

"Saya mengendarai dengan hati-hati, karena saya tidak bisa gagal. Takumi dan Tetsuta sama-sama menjalani tugas yang sulit di tengah hujan. Saya yakin kami bisa mengatasi kesulitan ini karena kami bekerja sebagai tim," ujar Vierge.

"Saya juga berterima kasih atas dukungan tim. Saya dengan senang hati akan kembali ke Suzuka sebanyak yang saya bisa untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa ini lagi!" imbuhnya.

Selain menjadi kemenangan perdana Vierge di Suzuka, hasil ini juga menjadikan Takahashi sebagai pembalap tersukses dalam sejarah ajang ketahanan tersebut dengan lima kemenangan usai edisi tahun 2010, 2013, 2014 dan 2022. Ini juga menandai kemenangan kedua Nagashima secara beruntun di Suzuka.

Baca juga: Lecuona dan Vierge wakili Honda di Suzuka 8 Hours 2023

Tak hanya menyelesaikan balapan sebagai juara, Honda juga menunjukkan dominasinya dengan posisi kedua hingga empat yang diisi oleh tim-tim sempalan miliknya.

Tim Toho Racing keluar sebagai runner-up Suzuka 8 Hours tahun ini, dipimpin oleh mantan pemenang balapan WSBK Ryuichi Kiyonari. Selanjutnya, tim SDG Racing menempati posisi ketiga, dipimpin oleh Naomichi Uramoto, sementara FCC TSR Honda menempati posisi keempat, dengan pemenang balapan World Supersport (WSSP) Tarran Mackenzie juga ambil bagian.

Di P9, bintang WSSP Marcel Schroetter membantu tim S-PULSE DREAM RACING-ITEC Suzuki. Finis di P19, ada pembalap WSSP dan pemenang WSSP300 Yuta Okaya untuk Kawasaki Plaza Racing Team, lalu Adam Norrodin membantu Team Frontier BMW ke urutan ke-46.

Pembalap veteran Jepang Akira Yanagawa juga ikut terlibat, ia memimpin tim KRP Sanyoukogyo Itoh Kawasaki ke P29 di usia 52 tahun.

Baca juga: Lecuona dan Redding bicara kemungkinan perpanjangan kontrak WSBK

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023