Kampala (ANTARA) - Menteri Urusan Luar Negeri Uganda Odongo Jeje Abubakher pada Senin (7/8) memastikan dukungan negaranya agar Kerajaan Arab Saudi dapat menjadi tuan rumah Ekspo atau Pameran Dunia 2030 di Kota Riyadh.

Pameran Dunia merupakan ajang pameran internasional besar yang dirancang untuk menampilkan pencapaian negara-negara yang ada di dunia.

Pengumuman itu datang pada saat konferensi pers setelah pertemuan Jenderal Yoweri Kaguta Museveni, Presiden Republik Uganda, dengan Penasihat Kerajaan Arab Saudi Ahmed bin Abdulaziz Qattan di istana kepresidenan di Kampala.

Abubakher menyatakan negaranya memastikan dukungan penuh agar negara kerajaan itu menjadi tuan rumah Expo 2030 di Riyadh.

Ia juga menambahkan bahwa Uganda menyambut Arab Saudi yang tahun ini menyelenggarakan "KTT Saudi-Afrika pertama dan KTT Arab-Afrika kelima".

Sementara itu, Qattan mengucapkan rasa terima kasih Kerajaan dan apresiasi kepada kepemimpinan Uganda yang telah mendukung upaya Arab Saudi untuk menggelar ajang prestisius ini.

Ia menganggap hal itu sebagai pertanda hubungan kuat yang mengikat antara dua negara bersahabat tersebut.

Sumber: Saudi Press Agency
Baca juga: Ukraina sebut pertemuan di Jeddah langkah menuju inisiatif perdamaian
Baca juga: Arab Saudi desak warganya segera tinggalkan Lebanon
Baca juga: Minyak melonjak karena Arab Saudi dan Rusia jaga pasokan tetap ketat

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023