Kita tidak ingin menjadi bangsa yang kalah, karena saat ini sudah masuk dalam G20 dan pada 2025, menjadi kekuatan nomor tujuh di dunia, Insya Allah bisa kita capai
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan inovasi dalam bidang pertanian sangat diperlukan untuk mewujudkan kemandirian pangan dan mendorong daya saing suatu bangsa.

"Tanpa inovasi dalam bidang pangan, suatu bangsa tidak bisa meningkatkan daya saing dan kalah dalam percaturan global," ujarnya dalam memberikan sambutan Agrinex Expo di Jakarta, Jumat.

Hatta mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan inovasi produk hortikultura karena memiliki sumber daya alam melimpah dan memiliki perguruan tinggi serta lembaga riset yang memadai.

Selain itu, ia mengatakan perlindungan terhadap petani nasional juga dibutuhkan agar produktivitas dan ketahanan pangan tetap terjaga serta kesejahteraan mereka tetap terjamin.

"Kita harus memberikan perlindungan kepada petani nasional. Ini poin penting, karena tanpa ketahanan pangan, kemandirian pangan kita tidak bisa melompat ke negara maju," kata Hatta

Hatta menginginkan, apabila Indonesia mampu melahirkan inovasi produk pertanian yang baik, masyarakat mau mendukung dan membeli produk tersebut, sehingga bangsa tidak lagi bergantung kepada produk olahan impor.

"Jadi slogan kita berubah, jangan cintailah produk nasional, tapi mencintai tidak cukup, mari kita membeli produk nasional," katanya.

Penyelenggaraan Agrinex Expo ketujuh memiliki tujuan untuk memberikan akses pasar, pengembangan produk, serta akses terhadap kebijakan pemerintah dan masukan dari konsumen terkait produk pertanian dan peternakan.

Forum ini telah menarik minat pelaku sektor UKM Agribisnis ditengah berbagai tekanan akibat masuknya produk impor, ketidaktersediaan lahan pertanian, terbatasnya akses pasar, rendahnya produktivitas karena kurangnya akses kepada hasil penelitian, pembiayaan yang belum merata dan besarnya biaya distribusi.

Panitia penyelenggara juga mengharapkan dari Expo selama tiga hari ini, masyarakat mendapatkan edukasi yang memadai serta membeli produk lokal hasil pertanian, perikanan dan peternakan untuk membangun ketahanan pangan nasional.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013