Jayapura (ANTARA) -
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua menggandeng Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) menggelar Informatics Logical Programming Competition (ILPC) 2023 bagi pelajar SMA/SMK di Bumi Cenderawasih.
 
Kepala Diskominfo Papua Jeri A Yudianto di Jayapura, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari HUT Ke-78 Republik Indonesia.
 
“ILPC merupakan ajang kompetisi pengembangan teknologi informasi (TI) bagi pelajar tingkat SMA/SMK sederajat di Kota Jayapura dan sekitarnya,” kata dia.

Baca juga: MIPI gelar diskusi peningkatan kualitas layanan publik
 
Menurut Jery, seluruh pelajar sekolah menengah atas sederajat diberikan kesempatan mengikuti perlombaan ini. Pendaftaran gratis atau tidak dipungut biaya dan mulai dibuka pada 10-21 Agustus.

"Kemudian akan diadakan technical meeting pada 23 Agustus dan perlombaan dilaksanakan pada 24 Agustus 2023," ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Papua: Palapa Ring dorong tata kelola pemerintah elektronik
 
Dia menjelaskan kompetisi tersebut bertujuan untuk mengasah serta mengukur kemampuan siswa sekolah menengah atas di Jayapura. Selain itu, juga untuk memberikan ruang atau wadah bagi para siswa SMA/SMK sederajat dalam menyalurkan hobi maupun keterampilannya, khusus di bidang logika (algoritma) pemrograman.
 
"Kami ingin algoritma pemrograman ini bisa populer di tengah masyarakat Jayapura. Sebab ada banyak keuntungan jika menguasai algoritme dan bidang terkait lainnya ini. Apalagi saat ini di dunia kerja ada bidang komputerisasi," katanya.

Baca juga: Ditjen PPI Kominfo dorong telekomunikasi di Jayapura harus merata
 
Dia menambahkan bahwa nantinya algoritma pemrograman ini dapat memberikan peluang kerja bagi anak-anak muda Papua yang mempunyai talenta dan hobi di bidang ini.
 
“Materi lomba yang dipertandingkan nanti, di antaranya proposisi, gerbang logika, relasi dan fungsi, algoritma dan pemrograman. Para pemenang lomba akan memperebutkan total hadiah Rp22 juta, piala tetap, dan sertifikat lomba,” ujarnya.
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023