Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan bahwa Hari Konstitusi yang diperingati setiap tanggal 18 Agustus memiliki makna mendalam sebab konstitusi merupakan landasan bernegara.

"Mengingat peringatan Hari Konstitusi memiliki makna mendalam. Konstitusi bukan hanya milik MPR RI, tetapi milik kita semua. Tidak ada negara tanpa konstitusi, tidak ada pemerintahan tanpa konstitusi, tidak ada lembaga-lembaga negara tanpa konstitusi," kata Bamsoet, sapaan karibnya, usai memimpin Rapat Pimpinan MPR RI, di Ruang Rapat Pimpinan MPR RI, Jakarta, Jakarta, Selasa.

Hari Konstitusi, kata dia, menjadi salah satu agenda penting MPR RI lainnya selain Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 pada 16 Agustus dan HUT MPR RI ke-78 pada 29 Agustus.

Terkait hal tersebut, Bamsoet pun menyebut bahwa pimpinan MPR RI akan melakukan rapat koordinasi dengan Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (9/8).

"Pimpinan MPR RI akan melakukan rapat koordinasi dengan Presiden Joko Widodo. Selain mematangkan persiapan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023, juga untuk mengantarkan undangan agar Presiden Joko Widodo berkenaan hadir langsung dan memberikan pidato dalam peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2023," tuturnya.

Dia lantas mengajak masyarakat dari berbagai kalangan, khususnya generasi muda, untuk ikut memeriahkan peringatan Hari Konstitusi dan HUT MPR RI ke-78.

Misalnya, ikut memeriahkannya melalui "Open Mic Bebas Bicara" yang terdapat di berbagai kawasan. Mulai dari, halaman sekitar Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Terowongan Stasiun Sudirman Jakarta, hingga Pasar Abepura Papua.

"Melalui 'Open Mic' tersebut, masyarakat bebas menyuarakan opini, pandangan, masukan, hingga kritikan kepada MPR RI secara bebas dan terbuka. Beberapa pandangan tersebut nantinya akan ditampilkan pada saat peringatan Hari Konstitusi 18 Agustus 2023," katanya.

Selain itu, Bamsoet menyebut ada pula pementasan wayang yang diselenggarakan di halaman komplek MPR RI, Jakarta, pada 26 Agustus.

Dia lantas menerangkan bahwa MPR RI juga menyelenggarakan berbagai lomba luring yang bisa diikuti berbagai kalangan masyarakat dalam memeriahkan HUT MPR RI ke-78.

"Lomba luring antara lain, e-Sport pengembangan nilai-nilai Pancasila, karya jurnalistik foto dan tulisan, stand up comedy Rumah Kebangsaan, serta turnamen catur antarjurnalis Koordinatoriat Wartawan Parlemen.

Adapun lomba daring yang diselenggarakan, di antaranya lomba ilustrasi via Instagram, modul pembelajaran via TikTok, video vertikal via Instagram dan TikTok, serta Podcast Uncensored Akbar Faisal.

"Seluruh pemenang lomba luring dan daring akan diumumkan pada puncak peringatan HUT MPR RI ke-78 pada 29 Agustus 2023," kata Bamsoet.

Rapat Pimpinan MPR RI itu tersebut turut dihadiri para pimpinan MPR RI lainnya, antara lain Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad.

Baca juga: Bamsoet akan rapat konsultasi dengan Jokowi jelang Sidang Tahunan MPR

Baca juga: Bamsoet minta pemerintah optimalkan upaya penanggulangan difteri

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023