Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah konten di YouTube menyebutkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah memecat Bima Sakti dari jabatan Pelatih Kepala Timnas U17.

Mantan gelandang Timnas Indonesia yang kini berkarier sebagai pelatih sepak bola itu, diberhentikan karena dianggap gagal memenangkan Timnas U-17 pada laga uji coba melawan Kashima Antlers di Bali, Sabtu (5/8).

Timnas U-17 Indonesia, dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gusti Ngurah Rai, Denpasar, tersebut, menelan kekalahan dengan skor 2-3.

Sebelumnya, pada Rabu (2/8), Garuda United U17 (penamaan selama uji coba) juga ditundukkan Barcelona Juvenil A dengan skor 0-3 di Bali.

Berikut isi keterangan yang dibubuhkan di YouTube:
"SIALAN KALAH LAGI 3-2 & Erick Thohir langsung PECAT Bima Sakti di Timnas Indonesia U17 ~ STY Benar,".

Namun, benarkah Erick Thohir pecat pelatih Timnas U17 Bima Sakti?
 
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan Erick Thohir pecat pelatih Timnas U17 Bima Sakti (YouTube)


Penjelasan:
Setelah ditelusuri, narator dalam video tujuh menit itu ternyata membacakan isi artikel dengan judul berikut "Erick Thohir Beberkan Masalah yang Dihadapi Timnas Indonesia Jelang Piala AFF U-23 pada 17 Agustus 2023 Mendatang".

"Ketua umum PSSI Erick Thohir menyampaikan terkait kendala yang dihadapi Timnas Indonesia dalam melakukan beberapa persiapan hal itu diantaranya adalah penetapan pemain," demikian isi potongan narasi yang terdapat di dalam video YouTube.

Keterangan yang sama juga termuat dalam media berikut.

Tidak ada pernyataan langsung Ketua PSSI, terkait pemberhentian Pelatih Bima Sakti dalam konten tersebut. Konten di YouTube itu terindikasi memuat berita salah (hoaks).

Klaim: Erick Thohir pecat pelatih Timnas U17 Bima Sakti
Rating: Hoaks 

Baca juga: Bima Sakti turunkan pemain ‘tulang punggung’ dalam laga uji coba

Baca juga: Erick tegaskan Wormuth tidak akan intervensi Bima Sakti di tim U-17

Baca juga: Waketum PSSI sebut banyak hal yang harus diperbaiki timnas U-17

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023