Aspek "click-through rates" dan konversi pelanggan meningkat pesat berkat personalisasi yang didukung kecerdasan buatan (AI)

Ho Chi Minh City, Vietnam, (ANTARA/PRNewswire)- Appier hari ini mengumumkan hasil dari kolaborasi K&K Fashion, peritel e-commerce ternama di Vietnam yang menjual busana kerja wanita. Lewat kolaborasi ini, Appier mengubah strategi interaksi pelanggan K&K Fashion. Setelah terintegrasi dengan AI personalization cloud Appier, AIQUA, K&K Fashion berhasil meningkatkan otomatisasi aktivitas pemasaran dan melakukan personalisasi interaksi pelanggan. Hasilnya, merek mode asal Vietnam ini mencatat pertumbuhan click-through rates (CTR) dan conversion rates (CVR) yang luar biasa sehingga mendorong kinerja bisnis.

Pada 2022, pendapatan e-commerce Vietnam mengalami kenaikan pesat setelah mencapai nilai sekitar US$ 16,4 miliar. Indikator utama dari perkembangan e-commerce di Vietnam terlihat jelas dari sebuah survei pada 2022. Menurut survei ini, lebih dari 60% pengguna internet di Vietnam berbelanja secara daring sehingga komunitas pembelanja daring bertambah banyak. Lebih lagi, sektor e-commerce telah mengalami pertumbuhan luar biasa dari sisi nilai belanja konsumen pada berbagai jenis kategori produk, meliputi barang konsumsi, media digital, dan perjalanan wisata daring. Hal tersebut mencerminkan arah yang menjanjikan bagi digital marketplace di Vietnam[1].

Setelah pertumbuhan eksplosif e-commerce di Vietnam, K&K Fashion mengawali transformasi digital dengan meningkatkan interaksi pelanggan dan memperkuat loyalitas merek. Tujuannya, menggerakkan kinerja bisnis.

Mewujudkan interaksi pelanggan yang bersifat personal

Berdiri pada 2010, K&K Fashion dengan cepat meraih popularitas di kalangan konsumen berkat desain inklusif, material bermutu tinggi, serta teknik modern. Dengan 13 ruang pamer di Vietnam dan sebuah platform e-commerce yang berkembang pesat, K&K Fashion ingin meningkatkan interaksi pelanggan dan merancang produk sesuai dengan selera setiap konsumen.

"Kami gembira atas hasil kolaborasi dengan Appier dan transformasi luar biasa yang dicapai K&K Fashion. Kami telah merombak strategi interaksi pelanggan sehingga otomatisasi pemasaran dan interaksi pelanggan yang personal meningkat," ujar Thanh Le Viet, CEO, K&K Fashion. "Dampak solusi AI Appier pada aktivitas pemasaran tergolong luar biasa. Kemitraan dengan Appier pun terjalin sangat kolaboratif. Kami mengapresiasi dedikasi Appier yang menyempurnakan pengaturan platform berdasarkan masukan dan perkembangan kebutuhan kami," kata Thanh Le Viet. "Selama tiga tahun terakhir, Appier telah menjadi mitra yang sangat penting, serta terus menyediakan solusi yang dirancang khusus, serta membantu K&K Fashion menjangkau pelanggan dengan baik, dan menghadirkan inovasi di sektor mode yang kompetitif."

K&K Fashion memiliki dua target utama ketika mencari mitra di bidang otomatisasi pemasaran: mempercepat segmentasi audiens, serta secara tepat waktu menyajikan konten pemasaran yang menarik pada berbagai kanal. Dengan kapabilitas AI yang canggih dari AIQUA, K&K Fashion menemukan solusi ideal untuk mencapai target secara efektif.

Dengan mengandalkan AIQUA, K&K Fashion secara efisien melakukan personalisasi atas pengalaman belanja pelanggan. Sistem yang didukung AI ini menghasilkan rekomendasi produk secara personal sehingga memperbesar peluang pelanggan membeli produk. Setelah memakai fitur "Autopilot" AIQUA, K&K Fashion meningkatkan CTR dan CVR dengan menyeleksi model rekomendasi yang paling efektif bagi masing-masing pelanggan.

Mencapai kesuksesan luar biasa

Dampak AIQUA pada aktivitas pemasaran K&K Fashion bersifat transformatif. Penggunaan rekomendasi produk secara personal pada platform e-commerce K&G Fashion meningkatkan durasi kunjungan pelanggan (session duration) pada platform hingga 236% dibandingkan angka rata-rata pada seluruh kanal. Tingkat konversi pelanggan juga meningkat hingga 150%. Lebih lagi, segmentasi AIQUA yang berorientasi pada data membantu K&K Fashion mengirim pesan pemasaran dalam bentuk surel (email marketing campaign) dengan rekomendasi produk yang relevan. Hal ini pun meningkatkan konversi pelanggan pada kanal surel hingga 10 kali lipat ketimbang konversi rata-rata di industri.

Selama tiga tahun terakhir, K&K Fashion dan Appier telah menjalin hubungan yang erat dan kolaboratif. Appier juga selalu menyempurnakan pengaturan platform berdasarkan masukan K&K Fashion sehingga menghasilkan solusi yang dirancang khusus dan terus mengalami peningkatan. Dengan demikian, solusi ini memenuhi kebutuhan K&K Fashion yang selalu berkembang.

Dengan rekam jejak kesuksesan ini, K&K Fashion dan Appier segera meningkatkan inovasi dalam aktivitas pemasaran yang berlangsung seketika (real-time) dan personal. Kolaborasi tersebut berhasil mendatangkan hasil yang luar biasa, dan Appier berkomitmen mendukung K&K Fashion mewujudkan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Tentang K&K Fashion

Berdiri pada 2010, K&K Fashion adalah merek mode wanita yang dikenal atas desain busana kerja modern. Dengan 13 ruang pamer di Vietnam, serta platform e-commerce yang berkembang pesat, K&K Fashion memenuhi berbagai jenis kebutuhan dan selera konsumen.

Tentang Appier

Appier (TSE: 4180) Appier (TSE: 4180) adalah perusahaan software-as-a-service (SaaS) yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) guna mendukung pengambilan keputusan bisnis. Didirikan pada tahun 2012 dengan visi demokratisasi AI, Appier kini memiliki 17 kantor di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Serikat, serta tercatat di Bursa Efek Tokyo. Informasi lebih lanjut tentang Appier tersedia di  www.appier.com.


Related stocks: Tokyo:4180

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023