Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan penyesuaian layanan rute layanan sehubungan adanya aksi Partai Buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, dan sekitarnya.
 
"Kami minta pelanggan untuk dapat mengatur perjalanan selama penyesuaian ini berlangsung. Layanan akan beroperasi normal apabila jalur sudah bisa dilintasi kembali,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta 
Wibowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Penyesuaian tersebut dilakukan agar masyarakat yang beraktivitas menggunakan TransJakarta dengan rute tertentu tetap berjalan lancar.

Baca juga: Dishub DKI lapor ke Heru soal tarif TransJakarta rute Soetta Rp5.000
Baca juga: Sudin LH imbau warga gunakan angkutan umum guna tekan emisi karbon
 
Adapun penyesuaian rute tersebut antara lain:
1. Blok M - Kota (Koridor 1)
Mengalami penyesuaian pada arah Kota, sementara untuk arah sebaliknya beroperasi normal sehingga tidak melayani Halte Monas dan Bank Indonesia. Rute pengalihan arah kota:
 
Blok M-Sarinah-lampu merah Sarinah keluar jalur-lampu merah Bank Indonesia belok kiri-Jalan Kebon Sirih-Hotel Millenium belok kiri- Jalan Fachrudin-Jati Baru Lurus-Jalan Cideng Barat-Lampu Merah Tarakan belok kanan-Halte Petojo-Lampu Merah Harmoni belok kiri-Harmoni-Kota.
 
2. Pantai Maju-Balaikota (1A)
Mengalami pengalihan rute untuk arah Pantai Maju sehingga tidak melayani Halte Balaikota. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Rute pengalihannya:
 
Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur-belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Utara (depan Istana)-belok kanan menuju Lampu Merah Harmoni.
 
3. Monas-Pulogadung (Koridor 2)
Mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Halte Monas, Balaikota dan Gambir 2. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Rute pengalihannya:
 
Dari Halte pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni-putar balik balik arah Juanda-via Pejambon lanjut Halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan
 
4. Pulogadung-Rawabuaya (2A)
Mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Halte Monas, Balaikota dan Gambir 2. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Rute pengalihannya:
 
Dari Halte Pecenongan keluar jalur lanjut sampai Lampu Merah Harmoni-putar balik arah Juanda-via Pejambon lanjut Halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan.
 
5. Kalideres-Juanda (Koridor 3)
Mengalami pengalihan rute untuk kedua arah. Rute pengalihannya:
 
Arah Juanda: Kalideres-Sumber Waras-Cideng -Petojo-Lampu Merah Harmoni-Juanda
Arah Kalideres: Juanda-Lampu Merah Harmoni-Lurus Petojo-Cideng-Sumber Waras-Kalideres
 
6. PGC - Juanda (Koridor 5)
Mengalami pengalihan rute pada kedua arah sehingga tidak dapat melayani pelanggan untuk sementara pada Halte Balaikota dan Monas. Rute pengalihannya:
 
Arah Juanda: PGC-Pal Putih-Kwitang-Tugu Tani- Lurus Gambir 1-Istiqlal-Juanda-Pecenongan putar balik
Arah PGC: Pecenongan-Juanda-Lurus Lampu Merah Almabar-Budi Utomo-PGC.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023