Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menerima kunjungan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Setphen Scott di Jakarta, Selasa sore (8/8).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, pertemuan tersebut membahas praktik transformasi digital yang dilakukan Australia dan Indonesia dalam mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Kami sangat senang atas kunjungan Pak Scott ke kantor ini. Kami sampaikan bahwa Indonesia sedang mengembangkan satu hal yang sangat strategis, yaitu SPBE. Transformasi digital ini akan menjadi dasar untuk mengefisiensikan berbagai pelayanan publik," kata Azwar Anas.

Anas berharap pertemuan itu mampu membagikan praktik transformasi digital yang dilakukan Australia. Apalagi, Negeri Kanguru itu telah ada portal pelayanan publik terpadu yang disebut MyGov.

"Kami melihat bagaimana Australia dengan govtech-nya (teknologi pemerintahan) yang disebut MyGov dapat membantu mempermudah masyarakat. Praktik seperti inilah yang kami kerjakan bersama-sama dengan Perum Peruri, mengembangkan SPBE yang mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan publik," jelas Anas.

Baca juga: Kemenpan RB siapkan inovasi pelayanan publik ke kancah internasional

Sementara itu, Stephen Scott mengatakan Australia sangat terbuka untuk menjalin kerja sama soal digitalisasi. Dia menceritakan bahwa transformasi digital di negaranya melalui portal MyGov tentu tidak selalu mulus. Meski demikian, lanjutnya, ada tantangan seperti ego sektoral yang harus diselesaikan.

"Transformasi digital sangat penting. Ini kami lakukan lewat MyGov. Kami berterima kasih atas undangan Pak Menteri (Azwar Anas). Kami senang atas diskusi yang sangat menarik," kata Scott.

Dia juga mengapresiasi transformasi digital di Indonesia. Menurut Scott, digitalisasi  signifikan untuk publik dan upaya Indonesia lewat SPBE telah berada di jalur yang tepat.

Turut hadir dalam pertemuan itu dari Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia ialah First Secretary Economic Governance Daniel Schuurman dan Program Manager Economic Governance Nindy Silvie.

Sementara itu, turut mendampingi Azwar Anas ialah Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Nanik Murwati, Staf Khusus Menpan RB Bidang Inovasi Pemerintahan M. Eri Irawan, Staf Khusus Menpan RB Bidang Organisasi, Aparatur, dan Kepegawaian Donny Adityawarman, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Cahyono Tri Birowo, serta Plt. Kepala Biro Manajemen Kinerja dan Kerja Sama Ronald Andrea Annas.

Baca juga: Kemenpan RB-Australia lanjutkan kerja sama soal pengelolaan ASN

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023