Selain Kawah Timbang yang saat ini sedang aktif, PVMBG secara intensif memeriksa kondisi sembilan kawah lainnya di Dieng,"
Banjarnegara (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan pemeriksaan seluruh kawah di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Selain Kawah Timbang yang saat ini sedang aktif, PVMBG secara intensif memeriksa kondisi sembilan kawah lainnya di Dieng," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng Tunut Pujiharjo di Banjarnegara, Jumat.

Ia mengatakan, sembilan kawah lainnya, yakni Kawah Sileri, Sinila, Sikidang, Sibanteng, Pakuwaja, Candradimuka, Siglagah, Bitingan, dan Pagergandang.

Dia menuturkan, Kawah Sileri tetap aman dikunjungi wisatawan, meskipun sempat terjadi gempa tremor pada Kamis (4/4).

"Gempa tersebut menunjukkan adanya aktivitas di kawah tersebut, namun kondisinya tetap aman untuk dikunjungi," ucapnya, menegaskan.

Terkait aktivitas Kawah Timbang, menurut dia kondisinya nisbi lebih tenang dibanding beberapa hari sebelumnya. Hal itu diketahui dari hasil pemantauan yang dilakukan Tim Tanggap Darurat PVMBG terhadap Kawah Timbang.

Dalam pemantauan yang dilakukan pada Jumat, pukul 00.00--06.00 WIB, terekam adanya dua kali gempa vulkanik dalam yang terjadi di Kawah Timbang.

Selain itu, dari pengamatan visual terlihat adanya asap putih tebal yang dihembuskan Kawah Timbang dengan tekanan lemah hingga ketinggian 50-100 meter dan bau belerang tercium lemah pada jarak 1--1,5 kilometer ke arah selatan.

Sementara dari pengukuran konsentrasi gas di Dusun Simbar, Serang, dan Kaliputih, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, tidak terdeteksi adanya CO2 dan H2S, sedangkan di Jembatan Kaliputih yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Kawah Timbang terdeteksi H2S dengan konsentrasi 1 ppm.

Tim Tanggap Darurat PVMBG juga mengukur konsentrasi gas dalam tanah dengan menggunakan pipa sedalam 20 centimeter.

Dalam pengukuran di Titik Ukur I-III tidak terdeteksi adanya gas berbahaya, sedangkan di Titik Ukur II terdeteksi adanya CO2 dengan konsentrasi 0,2 persen volume dan H2S sebesar 1 ppm.

Meskipun terpantau adanya penurunan aktivitas di Kawah Timbang, PVMBG masih menetapkan status siaga dan merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 1 kilometer.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013