Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyebut pagelaran wisata belanja Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023 menjadi wadah untuk menumbuhkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dan membuka lapangan kerja baru.

“ISF 2023 juga menargetkan untuk meningkatkan performa parekraf, penjualan di bidang ritel, serta mengedepankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ujar Menteri Sandiaga pada keterangan resmi yang diterima, Rabu.

Menteri yang akrab disapa Sandi itu mengatakan gelaran yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) berkolaborasi dengan Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) itu berfokus untuk mengembangkan serta mengeksplorasi kebudayaan dan kuliner Tanah Air.

Baca juga: Kemenparekraf harap kegiatan di Manggarai NTT fokus pada kualitas

Sementara Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja menjelaskan kegiatan rutin ini bukan hanya berupa rentetan promosi belanja, namun juga rangkaian perayaan menyambut hari ulang tahun Indonesia.

“Targetnya tahun lalu 65 juta pengunjung di 400 mall di Indonesia selama 10 hari. Tahun ini kami targetkan naik 15 persen atau mencapai 75 juta pengunjung,” kata dia.

Tahun lalu, total transaksi pagelaran Indonesia Shopping Festival berhasil menembus angka Rp19,5 triliun, dan tahun ini, Alphonzus menargetkan untuk mencapai hingga Rp20,5 triliun.

“Saya harap ini gerakan yang baik untuk industri ritel dalam rangka pemulihan ekonomi,” ujar Alphonzus.

ISF 2023 diadakan pada 10-20 Agustus 2023, secara serempak di seluruh pusat belanja di Indonesia. Acara pembukaan akan diadakan serentak di beberapa kota besar pada 10 Agustus pukul 14.00 WIB dengan Kota Bandung sebagai lokasi utama acara.

Sementara untuk beberapa kota lain juga akan digelar siaran langsung (live) pada waktu yang bersamaan yakni di DKI Jakarta berlokasi di Grand Indonesia, Semarang di DP Mall Semarang, Bali di Sidewalk Jimbaran Bali, serta Bandung di 23 Paskal Shopping Center.

Baca juga: Kemenparekraf sebut 129 desa wisata di Lampung terus dikembangkan

Baca juga: Sandiaga tarik wisatawan China melalui pemasaran digital tertarget

Baca juga: Kemenparekraf: Raimuna Nasional memperkuat capaian pergerakan wisnus

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023