Jakarta (ANTARA) -
Jakarta Aquarium and Safari (JAQS) akan mengadakan upacara pengibaran bendera terpanjang di dalam air untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 pada 17 Agustus mendatang.
 
"Di 17 Agustus kita ada pengibaran bendera merah putih terpanjang pertama di dalam air," kata General Manager JAQS Stephanie Tratama saat ditemui ANTARA di Jakarta, Rabu.
 
Upacara pengibaran bendera dengan panjang 25 meter dan tinggi 1 meter itu akan dilakukan oleh lima penyelam profesional di sebuah akuarium yang memiliki kedalaman 5 meter. Untuk mempersiapkan upacara pengibaran bendera yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 17 Agustus pukul 08.15 WIB itu, Stephanie menjelaskan para penyelam tersebut menjalani latihan selama tiga minggu sebelum hari pelaksanaan.

Baca juga: Penyelam anak ikut pecahkan rekor MURI upacara bawah laut TNI AL

Selain upacara pengibaran bendera terpanjang di dalam air, perayaan HUT RI di di JAQS juga akan diramaikan oleh lomba tarik tambang di dalam air dan pertunjukan paduan suara yang akan menyanyikan lagu daerah dan nasional secara medley.

"Kita juga ada lomba tarik tambang underwater (di dalam air) pertama di Indonesia, kita ada choir (paduan suara) juga, medley lagu daerah dan lagu nasional," ujar Stephanie.

Perlombaan tarik tambang dalam air juga akan dilakukan oleh penyelam profesional dari Jakarta Aquarium Safari yang terdiri dari dua tim beranggotakan dua orang.. Sama halnya seperti tim pengibar bendera, para peserta tarik tambang juga melewati proses latihan selama tiga minggu agar bisa menyeimbangkan diri saat berlomba di dalam air.

"Jadi, mereka tiga minggu terakhir latihan karena pas masuk (akuarium) langsung berenang lima meter, kan, enggak gampang, mereka tahan nafas juga di dalam (air), pasang alat diving (menyelam) juga, terus harus menyeimbangkan diri di dalam (air)," kata Stephanie.

Para pengunjung yang datang ke Jakarta Aquarium and Safari pada 17 Agustus nanti juga akan diberi suguhan kue spesial berwarna merah putih gratis dengan ketersediaan terbatas.

Baca juga: 35 peserta kibarkan bendera merah putih di dasar laut Sabang

Baca juga: 50 peselam kibarkan Merah Putih di dasar Teluk Lampung saat HUT RI

Baca juga: 77 penyelam kibarkan Bendera Merah Putih di Taman Laut Pandanan Lombok

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023