Jakarta (ANTARA) - Busana dan tarian Minahasa yang digelar dalam rangkaian acara Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) 2023 di Kesennuma untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, berhasil memukau warga Jepang.

Kesennuma Indonesia Matsuri 2023 secara resmi dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara, serta sejumlah pejabat lainnya.

"65 tahun hubungan Indonesia Jepang kita rayakan juga di kota Kesennuma. Tahun ini, selain parade kesenian Bali dan Jawa, kita juga menampilkan kesenian Minahasa. Festival yang sudah berusia 70 tahun itu menjadi cerminan persahabatan Indonesia -Jepang, terutama persahabatan warga kedua negara," kata Heri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Heri, yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, juga berharap agar persahabatan kedua negara semakin erat.

Pada 5-6 Agustus lalu, tim kesenian Kabupaten Minahasa yang dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Dolfie Janny Kuron, memukau ratusan warga Jepang yang hadir dalam Parade Indonesia di Kesennuma Minato Matsuri dan YEG Kesennuma Indonesia Matsuri (KMM).

Pada acara tersebut turut hadir Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie, Atase Perhubungan Ikhsandy Wanto Hatta, Atase Imigrasi Arya Pradhana Anggakara, dan Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto.

Walikota Kesennuma, Shigeru Sugawara menyampaikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi berkesinambungan Indonesia pada KMM 2023 dan berharap persahabatan warga Indonesia dan warga Kesennuma terus terjalin dengan baik.

Sementara itu di tempat terpisah berlangsung juga YEG Kesennuma Indonesia Minato Matsuri yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Tokyo dengan YEG Kesennuma. Pada kesempatan itu, Heri bersama musisi Hiroaki Kato menyanyikan lagu “Satu Hati” yang merupakan lagu tema perayaan 65 tahun Indonesia-Jepang.

"Saya senang sekali lagu saya "Satu Hati" menjadi lagu untuk peringatan 65 tahun Indonesia -Jepang. Semoga hubungan kedua negara semakin kuat dan bahagia. Terima kasih kepada KBRI Tokyo semoga kalian enjoy selalu dalam satu hati," katanya.

Dalam rangkaian kegiatan IJFD ini KBRI Tokyo bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kesennuma, Young Entrepreneur Group (YEG) Kesennuma, serta Asosiasi Persahabatan Kesennuma Indonesia (APKI).

Kesennuma Minato Matsuri (KMM) diselenggarakan setiap tahun di Kota Kesennuma sejak 1951 dan mulai 2003 festival tersebut selalu dibuka dengan parade budaya Indonesia yang menampilkan seni barong, ondel-ondel, reog, ogoh-ogoh dan tarian bali.

Heri meminta agar masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah Kesennuma dan sekitarnya saling menjaga dan menaati aturan setempat.

Selain promosi seni dan budaya, KBRI Tokyo juga menggelar pelayanan kekonsuleran dan sosialisasi Pemilu 2024 untuk WNI. Pada Sabtu (5/8) KBRI juga menggelar sosialisasi kepelautan dan perpanjangan buku pelaut kepada ABK asal Indonesia yang bekerja di tiga unit kapal penangkap ikan Jepang.

Baca juga: Indonesia-Japan Friendship Day 2023 perdana digelar di Kota Hamamatsu
Baca juga: Dua Siswa Sekolah Indonesia Tokyo raih penghargaan sayembara gambar 
Baca juga: Sakuranesia wujudkan kolaborasi seni budaya Indonesia-Jepang di JFC


Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023